Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 07:04 WIB
 

Di Inggris, WhatsApp Tambah Batas Usia Pengguna

Oleh : - | Senin, 30 April 2018 | 00:00 WIB
Di Inggris, WhatsApp Tambah Batas Usia Pengguna
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - WhatsApp tidak luput dari masalah penggunaan data pengguna seperti yang dialami oleh Facebook maupun Instagram.

Kini dikabarkan bahwa aplikasi pesan instan paling populer tersebut akan menetapkan batasan usia penggunnya, demikian lansir BBC.

Pengguna WhatsApp di Indonesia mungkin tidak pernah menemukan pertanyaan atau informasi tentang batasan usia saat akan menggunakan aplikasi WhatsApp, tapi di luar negeri hal ini berlaku.

Di Eropa, aplikasi WhatsApp menetapkan bahwa batas usia penggunanya adalah usia 13 tahun. Namun, BBC melaporkan, batas usia usia pengguna WhatsApp di negara tersebut akan ditingkatkan menjadi minimal usia 16.

Langkah ini diambil setelah pemerintah Inggris dan Komisi Uni Eropa berencana memberlakukan kebijakan perlindungan data atau General Data Protection Regulation (GDPR) pada bulan Mei nanti.

Menurut regulasi itu, penyedia layanan digital harus menyediakan kendali kepada penggunanya terkait data yang disinpan oleh penyedia layanan.

Peningkatan usia pengguna tersebut dilakukan sebagai bentuk perlindungan data dari pengguna kalangan remaja. Di Eropa sendiri hal ini ditanggapi dengan pro dan kontra.

Sebagian penggunanya mengaku hal tersebut membantu anak-anak dan remaja terhindar dari paparan pengaruh buruk konten digital. Di sisi lain, banyak anak-anak yang memanfaatkan WhatsApp sebagai alat komunikasi antara kelompok belajar atau untuk berkomunikasi dengan guru.

BBC menyebutkan, menurut data badan regulasi media bernama Ofcom, sepertiga pengguna aktif media sosial di Inggris pada usia 12-15 tahun juga menjadi pengguna aktif WhatsApp pada tahun 2017.

WhatsApp juga menjadi aplikasi terpopuler kelima di Inggris setelah Facebook, Snapchat, Instagram, dan YouTube

Komentar

 
Embed Widget

x