Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 11:19 WIB
 

Kesiapan Jaringan XL Kawal Puasa dan Lebaran 2018

Oleh : Ibnu Naufal | Jumat, 27 April 2018 | 12:30 WIB
Kesiapan Jaringan XL Kawal Puasa dan Lebaran 2018
(inilahcom/ibnu naufal)

INILAHCOM, Tanjungpinang - Sudah menjadi kegiatan tahunan, sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia menggelar uji jaringan sebagai bentuk persiapan menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2018, tak terkecuali XL Axiata.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya menyebutkan beberapa paparan tentang kesiapan XL di tahun ini untuk memberikan layanan maksimal pada pelanggannya, khususnya selama momen sejak puasa sampai Hari Raya Idul Fitri.

Inti dari pemaparan itu bahwa XL telah siap untuk menghadapi Lebaran dan mudik tahun 2018 ini.

"Dengan mengacu tiga faktor kesiapan yakni Lebih cepat, lebih luas dan lebih nyaman kami telah siap menghadapi Ramadhan dan Lebaran di tahun 2018," ujar Yessie kepada sejumlah media, temasuk INILAHCOM, di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (26/4/2018).

Dia menerangkan di tahun ini lalu lintas semua layanan diprediksi akan naik hingga 20-30 persen dibanding hari biasa.

"Beberapa faktor mempengaruhi terus meningkatnya trafik data ini dari tahun ke tahun. Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik," jelas Yessie.

"Untuk itu kami harus menyiapkan jaringan sebaik mungkin, antara lain dengan meningkatkan kapasitas baik di Jaringan Core, Transmisi, juga kapasitas Radio di jalur mudik," imbuhnya.

Untuk itu penambahan dilakukan pada jaringan core, penambahan kapasitas telah dimungkinkan dengan telah diimplementasikannya teknologi Network Function Virtualization yang memiliki skalabilitas tinggi dalam pengembangan jaringan.

Untuk Lebaran 2018 penambahan kapasitas jaringan core terutama difokuskan pada area Denpasar dan Medan. Sementara itu, penambahan kapasitas jaringan radio pada jalur dan area tujuan mudik dilakukan dengan antara lain menempatkan 49 MBTS, penambahan kapasitas pada sekitar 4.000 BTS eksisting dan penambahan sekitar 8,500 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran

Penambahan kapasitas transmisi dilakukan dengan meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1.000Gbps atau tiga kali lipat dibandingkan kapasitas pada Lebaran 2017.

Selain itu, juga dilakukan peningkatan kapasitas pada transmisi backbone antarpulau sebesar 460G.Seiring dengan perluasan jaringan data yang terus dilakukan, XL Axiata juga meningkatkan kualitas jaringan data dengan menerapkan sejumlah teknologi pendukung yang inovatif.

Teknologi tersebut memungkinkan peningkatan kualitas layanan, yaitu Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan Teknologi 4.5G yang terdiri dari LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4x4 MIMO.

Semua inovasi tersebut memungkinkan jaringan data XL Axiata bisa memberikan layanan akses internet yang lebih cepat hingga 100 Mbps dan lebih stabil.

"Dengan kualitas dan cakupan jaringan data yang ada saat ini, kami pun siap menghadapi kemungkinan lonjakan trafik selama Ramadan dan liburan panjang Lebaran nanti. Untuk keperluan mengamankan momen tahunan tersebut, kami bahkan sudah meningkatkan kapasitas baik di Jaringan Core, Transmisi, juga kapasitas Radio di jalur mudik," papar Yessie.

"Sejumlah persiapan telah kami lakukan dan kami yakin jaringan XL Axiata akan mampu memberikan kenyamanan pelanggan dalam akses berbagai layanan data selama periode sibuk tersebut," sambungnya.

XL Axiata memprediksi, trafik layanan data akan kembali mendominasi kenaikan trafik sepanjang Ramadan dan libur Lebaran. Pada periode Ramadan - Lebaran tahun 2017 lalu, total trafik data mencapai 3.700TB, sementara itu trafik di hari biasa 2018 telah mencapai 6.055TB.

Komentar

 
Embed Widget

x