Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 14 Agustus 2018 | 22:37 WIB

2,3 Juta Pelanggan XL di Kepulauan Riau Nikmati 4G

Oleh : Ibnu Naufal | Jumat, 27 April 2018 | 08:30 WIB
2,3 Juta Pelanggan XL di Kepulauan Riau Nikmati 4G
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Tanjung Pinang - XL Axiata terus menjaga performa jaringan yang ada di setiap daerah tak terkecuali di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kualitas jaringan menjadi hal yang penting mengingat keberadaan Kepri sebagai daerah tujuan wisata lokal dan mancanegara. Selain itu, menghadapi lonjakan trafik libur Lebaran, XL juga melakukan uji kesiapan jaringan di Bintan, pulau di Provinsi Kepri.

Sebagai salah satu destinasi wisata baru yang dikenal sport tourism, setiap tahun Kepri dikunjungi banyak wisatawan dari berbagasi negara. Hingga kuartal pertama 2017, pelanggan XL di Kepri mencapai lebih dari 2,3 juta. Sekitar 14 persen di antaranya telah aktif menggunakan layanan Data digital. Sebanyak 17 persen persen menggunakan 4G LTE.

Saat ini, layanan XL di Kepri didukung lebih dari 800 BTS, dimana 230 unit di antaranya merupakan BTS 4G. Layanan 4G LTE tersebut juga sudah menjangkau hampir semua destinasi wisata popular yang ada, baik di pantai, perkotaan, hingga pedesaan.

Salah satu fokus utama XL juga melakukan peningkatan jaringan di Bintan yang telah dilakukan pengujian jaringan.

Dituturkan Ahmad Hamzah, Head of Customer Experience Management XL Axiata sejak jaringan 4G beroperasi di area bintan di bulan Agustus 2017 terjadi peningkatan pengguna layanan data terutama di area Tanjung uban, Kawal-simpangan dan Nibum Area.

"Secara umum kualitas kekuatan 4G LTE di Pulau Bintan sudah dinilai baik. 75 persen jalur utama Pulau Bintan sudah terjangkau LTE dimana Lebaran sebelumnya di layanan 3G. Pada spot-yang belum optimal tersu dilakukan optimasi jaringan hingga menjelang lebaran untuk memberikan hasil yang lebih baik," ujar Ahmad Hamzah di acara media gathering XL, di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Kamis (26/04/2018).

Sementara itu, layanan 3G sudah menjangkau semua wilayah di pulau itu, sehingga masyarakat setempat dan wisatawan bisa mendapatkan layanan Data digital yang berkualitas.

Pulau Bintan juga menjadi daerah tujuan wisata utama bagi masyarakat luar seperti singapura untuk mengisi libur panjang Lebaran. Jalur laut yang menghubungkan atraksi, dan akses yang lengkap juga mudah. Aksesnya bisa lewat Singapura atau Batam.

"Untuk itu, kami juga sudah mengantisipasinya dengan memastikan kualitas jaringan yang tersedia di sepanjang jalur tersebut," kata Ahmad Hamzah.

Penguatan jaringan juga akan dilakukan di titik-titik kepadatan wisatawan di berbagai lokasi wisata populer, area publik seperti Bintan Resort,Lagoi.

Selain melakukan uji jaringan, tim XL juga akan terus melakukan pemantauan atas kondisi jaringan di semua wilayah layanan selama 24 jam. Di lapangan, tim network juga akan bersiaga untuk melakukan tindakan darurat yang diperlukan. [ikh]

Komentar

x