Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 14 Agustus 2018 | 22:40 WIB

Data Bocor Facebook Diduga Lebih dari 87 Juta

Oleh : - | Kamis, 19 April 2018 | 12:12 WIB
Data Bocor Facebook Diduga Lebih dari 87 Juta
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Skandal kebocoran data 87 juta pengguna Facebook pertama kali terbongkar berkat kesaksian mantan pegawai Cambridge Analytica, Christopher Wylie. Kini, seorang saksi lain dari firma yang sama menyatakan bahwa jumlah data pengguna Facebook yang bocor diduga lebih dari 87 juta.

Dalam kesaksian tertulisnya yang dibacakan di hadapan komisi digital Parlemen Inggris Raya, seorang mantan pegawai Cambridge Analytica, Brittany Kaiser, menyatakan bahwa ada beberapa pengembang aplikasi lain yang turut memanen data pengguna Facebook.

"Jika Anda membuka Facebook dan menemukan beberapa kuis kepribadian yang viral, tidak semuanya dikembangkan oleh Cambridge Analytica atau afiliasi kami. Tetapi aplikasi-aplikasi ini juga dirancang secara spesifik untuk mendapatkan data pengguna Facebook," katanya seperti dikutip The Verge.

Kaiser menyebut 'sex compass' dan 'your music personality' sebagai contoh aplikasi kuis yang dirancang untuk mengeruk data pengguna Facebook. Melihat banyaknya kuis serupa dalam platform media sosial besutan Mark Zuckerberg itu, ia percaya data pengguna yang bocor jauh melebihi angka yang telah diumumkan.

"Saya cukup yakin bahwa jumlah data pengguna Facebook yang bocor melalui modus serupa yang digunakan oleh Kogan jauh melebihi 87 juta," ujarnya.

Sebelumnya, kesaksian Christopher Wylie mengungkapkan bahwa Cambridge Analytica telah memanfaatkan kuis bertajuk 'This is Your Digital Life' untuk mengeruk data pengguna Facebook secara illegal. Kuis kepribadian tersebut dikembangkan oleh seorang psikolog Universitas Cambridge bernama Aleksandr Kogan.

Wylie sebelumnya memperkirakan bahwa data pengguna Facebook yang dicurinya sekitar 50 juta. Namun, belakangan Facebook mengakui bahwa data yang bocor mencapai 87 juta pengguna, termasuk sekitar 1 juta pengguna Indonesia.

Komentar

x