Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 09:35 WIB

Asal-Muasal Kisah Pendaratan UFO di Roswell

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Minggu, 15 April 2018 | 14:14 WIB

Berita Terkait

Asal-Muasal Kisah Pendaratan UFO di Roswell
(YouTube)

INILAHCOM, Jakarta - Kisah pendaratan UFO di Roswell, New Mexico, AS, pada tahun 1947 memang sangat melegenda. Tapi seperti apa sih asal-muasal kisah pendaratan UFO dalam sejarah peradaban modern?

Saluran TheInfographic di YouTube melalui video unggahan terbarunya coba menjelaskan asal muasal kisah pendaratan UFO di Roswell yang diawali dari penemuan puing-puing pesawat di ladang.

Pada 4 Juli 1947, fenomena piring terbang yang terkemuka terjadi di kota Roswell, New Mexico, dan terkenal sebagai 'Insiden Roswell'. Sebuah serpihan yang dianggap sebagai serpihan kapal ruang angkasa ditemukan di sebuah daerah peternakan setelah badai menerjang.

Serpihan-serpihan tersebut dikumpulkan oleh Angkatan Udara AS tanpa meninggalkan bekas. Grady Barnett dan tim arkeologinya menemukan BETA berbentuk cakram yang jatuh beserta empat alien berupa manusia berkepala besar dan berwarna abu-abu.

Komandan di pangkalan Angkatan Udara Roswell mengatakan pada wartawan bahwa ada cakram terbang yang ditemukan di tempat itu.

Dua konferensi pers diadakan pada 8 Juli 1947 dan menyatakan bahwa serpihan yang menjadi penyebab masalah bukan berasal dari BETA, melainkan dari balon cuaca. Namun menurut Roswell Daily Record, serpihan di Roswell berasal dari BETA yang jatuh, asal dari empat alien yang tertangkap.

Dari kejadian ini digunakanlah istilah 'UFO' pertama kalinya menggantikan penggunaan istilah 'Piring Terbang' pada tahun 1952 oleh Kapten Edward J. Ruppelt.

Ruppelt menceritakan pengalamannya dengan Proyek Buku Biru dalam catatannya, The Report on Unidentified Flying Objects (laporan mengenai objek terbang tak dikenal) (1956), juga merupakan buku pertama yang menggunakan istilah UFO.

Tonton videonya di bawah ini:

Komentar

x