Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 22:05 WIB
 

YouTube Dituduh Kumpulkan Data Anak-anak

Oleh : - | Kamis, 12 April 2018 | 09:30 WIB
YouTube Dituduh Kumpulkan Data Anak-anak
(ist)

INILAHCOM, New York - Sejumlah kelompok perlindungan konsumen di AS mengajukan tuntutan hukum kepada YouTube karena dianggap telah diam-diam mengumpulkan data dari pengguna usia anak-anak.

Mengutip New York Times, ada sekitar 20 kelompok perlindungan konsumen yang menuding bahwa YouTube diam-diam mengumpulkan data sensitif terkait pengguna usia anak-anak di bawah 13 tahun dan memanfaatkannya untuk dijual kepada agensi periklanan.

Meski YouTube punya aturan yang hanya mengizinkan anak berusia 13 tahun ke atas menggunakan layanannya, tapi ada anak-anak yang lebih muda yang juga memakai layanan itu. Kelompok perlindungan konsumen beranggapan jika YouTube sebenarnya menyadari akan hal tersebut.

Kemungkinan ada beberapa data yang dikumpulkan YouTube dari anak di bawah usia 13 tahun. Data itu berupa lokasi, identifikasi perangkat, nomor telepon, dan data lainnya. Tentunya hal ini merupakan tindakan ilegal, kecuali orang tua sang anak memberikan persetujuan.

Dilaporkan bahwa pihak YouTube telah memberikan pernyataan tentang investigasi yang mereka lakukan atas problem ini, tapi sekali lagi mereka tetap menegaskan bahwa layanan YouTube memang bukan untuk anak di bawah usia 13 tahun serta menyarankan bahwa anak-anak di bawah usia itu sebaiknya menggunakan layanan YouTube Kids.

"Melindungi anak-anak dan keluarga selalu menjadi prioritas utama kami. Kami akan membaca keluhan itu dengan hati-hati dan mengevaluasi hal-hal yang kami bisa lakukan lebih baik. Karena YouTube tidak diperuntukkan bagi anak-anak, kami telah berinvestasi secara signifikan untuk penciptaan aplikasi YouTube Kids untuk menawarkan alternatif yang didesain khusus untuk anak-anak," kata juru bicara YouTube.

Komentar

Embed Widget

x