Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 14:55 WIB

Bocornya Data Facebook ke CubeYou

Universitas Cambridge Bantah Terlibat Skandal FB

Selasa, 10 April 2018 | 12:12 WIB

Berita Terkait

Universitas Cambridge Bantah Terlibat Skandal FB
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, San Francisco - Selain Cambridge Analityca, firma analisis data CubeYou juga diketahui mencuri beragam informasi dan data pengguna Facebook lewat sebuah kuis yang bisa memprediksi sifat atau kepribadian pengguna berdasarkan informasi mereka di Facebook.

Tentu saja caranya dengan mengizinkan kuis buatan CubeYou mengakses seluruh informasi akun pengguna Facebook.

Hal tersebut memicu perdebatan baru lantaran nama perguruan tinggi Universitas Cambridge terseret dalam kuis yang digunakan untuk mencuri data pengguna Facebook.

Dalam halaman awal registrasi kuis tersebut, CubeYou menyebutkan bahwa kuis tes kepribadian menggunakan metode tes milik Psychmetrics Lab Universitas Cambridge.

Psychometrics merupakan cabang ilmu untuk menilai kepribadian seseorang. Selanjutnya, muncul klaim sepihak dari CubeYou, bahwa mereka bekerja sama dengan universitas ternama dan dalam perjanjian aplikasi tersebut dijelaskan bahwa data mereka digunakan 'untuk tujuan penelitian akademik non-profit'.

Namun kenyataannya, menurut hasil investigasi CNBC, CubeYou malah menjual data seluruh pengguna Facebook yang mengisi kuis tersebut kepada pihak ketiga yang merupakan perusahaan atau agensi iklan.

CEO CubeYou Federico Treu memberikan penjelasan bahwa mereka memang bekerja sama dengan University of Cambridge di 2013-2015. Dia mengakui bahwa pada periode tersebut, mereka merekam seluruh data pengguna kuis buatannya. Setelah tahun 2015, dia mengklaim pihaknya sudah tidak melakukannya.

Sementara itu, Universitas Cambridge sudah memberikan tanggapan atas hal ini terkait investigasi CNBC pada CubeYou. Mereka membantah ikut dalam tindakan ilegal tersebut. Pihak kampus hanya menyatakan bahwa mereka bekerja sama dalam pembuatan website.

Universitas Cambridge juga menyatakan bahwa mereka hanya membantu dalam pembuatan antarmuka situs dimana CubeYou menggunakan model tes kepribadian miliki mereka.

Selain itu, pihak kampus berkilah jika mereka merahasiakan metode analisis tes kepribadian, dan tidak memberikannya kepada CubeYou.

Komentar

Embed Widget
x