Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 19:43 WIB
 

Google Assistant Kini Bisa Bahasa Indonesia

Oleh : - | Senin, 2 April 2018 | 18:18 WIB
Google Assistant Kini Bisa Bahasa Indonesia
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah lama dinanti, akhirnya asisten virtual Google Assistant resmi hadir dalam Bahasa Indonesia. Layanan pintar ini dapat terpasang di dalam smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 5.0+ (Lollipop ke atas) maupun iOS 9.1 ke atas.

Pemilik smartphone tinggal menyetel bahasa yang tersedia ke Bahasa Indonesia dan memperbarui aplikasi Google ke versi terbaru untuk dapat mengakses layanan ini.

Jika semuanya sudah dilakukan, pengguna bisa berbicara dengan Google Assistant untuk mempermudah aktivitas online sehari-hari. Pengguna smartphone bisa mengirim SMS, menyetel pengingat, meminta petunjuk arah, menyetel alarm untuk esok hari, dan sebagainya.

Cara menggunakannya mudah, cukup tekan dan tahan tombol 'Home' atau ucapkan 'Ok Google' pada smartphone. Selanjutnya, ucapkan perintah dengan suara dalam Bahasa Indonesia.

Google Assistant dalam Bahasa Indonesia pertama kali diluncurkan pada aplikasi pesan singkat 'Google Allo' pada Agustus 2017 lalu.

"Kini, dengan hadirnya di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Google Assistant akan memudahkan aktivitas para pengguna, mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps dan lain-lain," kata Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, dalam siaran persnya, Senin (2/4/2018).

Menurut dia, Google Assistant diberdayakan oleh machine learning yang dibuat berdasarkan pengalaman Google selama 20 tahun di bidang penelusuran, termasuk natural language understanding, computer vision, dan memahami konteks dari pengguna.

"Karena itulah Asisten Google dapat memahami maksud ucapan pengguna untuk membalas pertanyaan lanjutan dan mengerjakan tugas kompleks yang terdiri dari sejumlah langkah," sambung Veronica.

Untuk mengetahui perintah apa saja yang saat ini bisa dilakukan dalam bahasa Indonesia, cukup tanyakan 'apa yang bisa kamu lakukan?'

Berikut beberapa contohnya:

1. Sebutkan Pancasila
2. Pasang alarm jam 6 pagi
3. Kasih lelucon
4. Cari restoran Indonesia dekat sini
5. Ingetin aku beli jeruk nanti jam 6 sore
6. Bagaimana suara harimau?
7. Telepon ibu
8. Lihat resep nasi goreng
9. Berapa lama perjalanan ke Sentral Senayan?
10. Ada apa hari ini?
11. Putar musik Jazz di YouTube
12. Nyalakan WiFi
13. Bacakan horoskop saya hari ini
14. (bisa digunakan dalam waktu dekat) Dengarkan berita dari Kompas TV, Mahaka Radio Integra, 104.6 MNC TRIJAYA FM, Opini.id atau Sonora.

Agar Google Assistant lebih berguna dan relevan bagi pengguna di Tanah Air, para pengembang lokal bisa membuat aplikasi melalui platform 'Actions on Google'. Dengan demikian, aplikasi lokal bisa dilengkapi Google Assisant.

Beberapa aplikasi lokal yang sudah dilengkapi Google Asistant saat ini adalah Al-Qolam, Joox, Kaskus, Klikdokter, Mobile Legends, Tebak Gambar, dan Vira dari Bank BCA.

Ke depan, Google sesumbar asisten digitalnya mampu mempelajari preferensi serta hal-hal yang disukai atau tidak disukai pengguna dengan lebih akurat.

Komentar

x