Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 25 April 2018 | 21:16 WIB
 

Google Segera Matikan Layanan Pemendek URL

Oleh : Ibnu Naufal | Minggu, 1 April 2018 | 08:08 WIB
Google Segera Matikan Layanan Pemendek URL
(Foto: Hwto)

INILAHCOM, San Francisco - Google memiliki layanan pemendekan URL di mana mereka mengambil URL panjang dan mengonversinya menjadi yang lebih pendek menggunakan tautan goo.gl. Ini membantu menjaga semuanya tetap rapi, terutama jika Anda membagikannya di email, pesan, media sosial, dan sebagainya. Sayangnya sepertinya Google akan menutup layanan itu.

Dalam pengumuman di blognya, Google mengklaim bahwa selama bertahun-tahun sejak fitur diluncurkan, orang-orang telah menemukan konten di internet secara berbeda dari sebelumnya, membuat mereka percaya bahwa mungkin kebutuhan akan layanan pemendekan URL mungkin tidak lagi perlu.

"Untuk memfokuskan kembali upaya kami, kami menolak dukungan untuk goo.gl selama beberapa minggu mendatang dan menggantinya dengan Firebase Dynamic Links (FDL). FDL adalah URL pintar yang memungkinkan Anda mengirim pengguna yang ada dan potensial ke lokasi mana pun dalam aplikasi iOS, Android, atau web. Kami senang untuk tumbuh dan meningkatkan produk ke depan," kata Google.

Kabar baiknya adalah bahwa jika Anda masih menggunakan penyingkat URL goo.gl, Google mengklaim bahwa tautan ini akan terus mengalihkan pengguna ke tujuan yang dimaksudkan setelah layanan tersebut mengalami matahari terbenam.

Namun setelah itu, pengguna tidak akan dapat mengakses fitur goo.gl lain dan konsolnya.

Sementara itu layanan akan terus beroperasi dan pengguna masih dapat membuat tautan pendek hingga 30 Maret 2019. [ikh]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x