Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 07:25 WIB

China Larang Video Parodi di Media Sosial

Oleh : - | Selasa, 27 Maret 2018 | 10:10 WIB
China Larang Video Parodi di Media Sosial
(ist)

INILAHCOM, Beijing - China melarang video lawakan dan parodi beredar di situs dan jejaring sosial yang beroperasi di negara tersebut.

Regulator media China memerintahkan situs video untuk memblokir video yang mendistorsi, mencemooh, atau mencemarkan nama baik karya sastra dan karya seni klasik.

Reuters mencatat, perintah tersebut ditandai sebagai 'extra penting', dinilai tidak umum dan berarti bahwa seluruh warga harus segera mematuhi perintah tersebut, atau harus menghadapi risiko penutupan situs secara paksa oleh badan berwenang.

Perintah ini hanya ditujukan kepada situs pendistribusian video secara online. Namun, China juga memiliki kendali untuk mengendalikan industri televisi dan film, sehingga video yang dapat menjadi dasar dari video parodi diperkirakan akan sulit ditemukan.

Selain itu, perintah ini juga menyebut bahwa video harus mempromosikan budaya China tradisional terbaik, dan konsep dari cinta, penekanan terhadap masyarakat, integritas, keadilan, harmoni, dan tidak menampilkan keserakahan terhadap uang atau perilaku buruk lainnya.

Hal ini serupa dengan perintah China dari Juli tahun lalu, terkait pelarangan film dan blog yang dinilai tidak cukup 'sosialis'.

Peraturan baru ini hadir sekitar satu pekan setelah tingkah reporter asal China yang menggulirkan mata dan dinilai sebagai tindak tidak sopan terjadi pada National People Congress.

Tingkah ini menyebabkan banyak meme, lawakan dan GIF beredar di media sosial, dan badan penyensoran Negeri Tirai Bambu itu segera melarang konten terkait dengan tingkah tersebut.

Komentar

x