Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 12:14 WIB

Mobil Otonom Baidu Diizinkan Uji Coba di Beijing

Oleh : Ibnu Naufal | Jumat, 23 Maret 2018 | 21:30 WIB

Berita Terkait

Mobil Otonom Baidu Diizinkan Uji Coba di Beijing
(Foto: yahoo)

INILAHCOM, Beijing - Kota Beijing memberi izin kepada perusahaan teknologi Baidu Inc untuk menguji kendaraan swakemudi di jalanan ibu kota China itu.

Baidu diizinkan untuk melakukan uji coba di 33 jalan raya dengan panjang total 105 kilometer di bagian pinggiran Beijing. Adapun proyek kendaraan swakemudi Baidu bernama Apollo.

"Dengan dukungan dari kebijakan yang ada, kami meyakini Beijing akan menjadi hub baru untuk industri kendaraan swakemudi," ungkap Wakil Presiden Baidu Zhao Ceng, seperti dilansir Reuters.

Sebelum menjalankan tes di jalan raya, kendaraan swakemudi terkait akan terlebih dulu melalui simulasi sistem serta berbagai uji coba di jalur tertutup. Perusahaan menyatakan hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan serta stabilitas kendaraan semaksimal mungkin.

Baca juga: Toyota Hentikan Sementara Uji Coba Mobil Otonom

CEO Baidu Robin Li telah melakukan uji coba atas kendaraan swakemudi milik perusahaan itu di jalanan Beijing pada Juli 2017, atau sebelum adanya regulasi yang mengatur hal ini.

Baidu menargetkan dapat membawa mobil swakemudi ke jalan raya China pada 2019. Investasi yang akan ditanamkan di sektor ini mencapai US$1,5 miliar.

Sebelum Beijing, Shanghai sudah lebih dulu mempunyai regulasi mengenai uji coba kendaraan swakemudi. Perusahaan yang sudah menyatakan akan melakukan tes di salah satu kota terbesar China itu adalah SAIC Motor Corp Ltd dan startup mobil listrik NIO.

Pengumuman ini disampaikan di tengah keputusan sejumlah perusahaan teknologi dan pabrikan otomotif untuk menunda uji coba kendaraan swakemudi pasca kecelakaan yang melibatkan Uber di Tempe, Arizona, AS. Mobil swakemudi yang sedang diujicobakan oleh Uber menabrak seorang pejalan kaki, yang kemudian meninggal.

Baca juga: Mobil Swakemudi Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

Uber dan Toyota Motor Corp telah menyampaikan akan menghentikan sementara uji coba yang mereka lakukan. Arizona adalah negara bagian dengan regulasi yang relatif longgar untuk uji coba kendaraan swakemudi.

Tidak heran jika kemudian banyak perusahaan yang melakukan tes di negara bagian itu. Tercatat lebih dari 600 kendaraan swakemudi melakukan uji coba di jalanan Arizona, saat ini.

Baca juga: Video Mobil Swakemudi Tabrak Pejalan Kaki

Komentar

x