Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 04:49 WIB

Mobil Swakemudi Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

Rabu, 21 Maret 2018 | 16:30 WIB
Mobil Swakemudi Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas
(autoindustriya.com)
facebook twitter

INILAHCOM, Tempe - Mobil swakemudi alias tanpa supir milik Uber dilaporkan telah menabrak seorang pejalan kaki hingga tewas di persimpangan Jalan Mill Avenue dan Curry Road, Kota Tempe, Arizona, AS.

Insiden itu terjadi pada Minggu malam (18/3/2018) waktu setempat. Korban tewas adalah seorang wanita bernama Elaine Herzberg (49) yang diduga seorang tunawisma. Sebelum meninggal, korban sempat dilarikan ke rumah sakit setempat.

Pihak kepolisian setempat menjelaskan, mobil swakemudi Uber berjenis Volvo XC90 itu sebenarnya tidak sepenuhnya kosong, karena ada seorang supir yang duduk di kursi kemudi. Namun, saat kejadian, mobil sedang berada dalam mode otonomos. Polisi juga menyebut korban tidak menggunakan jalur penyeberang saat menyeberang jalan.

Mereka pun melakukan penyelidikan dengan melihat rekaman kamera yang berada di dalam mobil.

"Sangat jelas jika insiden tabrakan ini sangat sulit dihindari dengan mode apa pun (baik mode tanpa sopir maupun dengan sopir), dilihat dari bagaimana korban datang dari bayang-bayang tepat menuju jalan raya," ujar salah satu pihak kepolisian wilayah Tempe.

Dari laporan, mobil tersebut sedang melaju dengan kecepatan 61 km/jam di zona laju maksimal 56 km/jam. Atas insiden maut ini, CEO Uber Dara Khosrowshahi mengungkapkan simpatinya melalui akun Twitter pribadinya.

Dalam cuitannya, Khosrowshahi juga mengatakan bahwa Uber tengah bekerja sama dengan pihak berwenang setempat untuk menginvestigasi apa yang terjadi sebenarnya.

Ini bukan pertama kalinya mobil swakemudi Uber yang diklaim sedang masa uji coba mengalami insiden lalu lintas. Beberapa hari lalu, mobil tanpa supir milik Uber juga dilaporkan menabrak sebuah mobil sedan di daerah Pittsburgh. Meski demikian, kejadian di Tempe yang menawaskan pejalan kaki ini menjadi yang paling fatal.

Pihak Uber akhirnya memutuskan untuk menghentikan sementara semua uji coba mobil otonomos di wilayah Arizona, San Francisco, Kanada, dan lainnya akibat kecelakaan lalu lintas ini.

Wilayah Arizona sendiri menjadi salah satu wilayah di AS yang mengizinkan pengoperasian mobil swakemudi Uber. Sementara wilayah lain, seperti California, sedang mempertimbangkan izin operasinya.

Komentar

x