Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 06:45 WIB

Apple Bakal Produksi Sendiri Layar MicroLED?

Oleh : - | Rabu, 21 Maret 2018 | 18:00 WIB
Apple Bakal Produksi Sendiri Layar MicroLED?
(ist)

INILAHCOM, San Francisco - Apple tengah mendesain dan mengembangkan produksi layar sendiri untuk pertama kalinya, demikian ungkap orang-orang yang mengetahui tentang rencana raksasa teknologi asal AS itu.

Menurut laporan Bloomberg, proses desain dan produksi layar tersebut kabarnya akan dilakukan di pabrik rahasia Apple, yang tak jauh dari markas besarnya di Cupertino, California, AS. Sebelumnya Apple akan membuat sedikit layar untuk diuji coba terlebih dulu.

Saat ini, Apple sedang sibuk menanamkan investasi untuk pengembangan layar generasi berikutnya, MicroLED, kata sang narasumber, yang meminta namanya tidak disebutkan. Layar MicroLED menggunakan senyawa yang berbeda dari layar OLED untuk mengeluarkan cahaya.

Dengan menggunakan layar MicroLED, gadget akan jadi lebih terang, lebih hemat daya, dan juga lebih tipis. Sayangnya, membuat layar MicroLED jauh lebih susah dari layar OLED. Apple hampir membatalkan proyek ini sekitar satu tahun yang lalu, ujar sang narasumber.

Sejak saat itu, para teknisi telah mulai sukses mengembangkan teknologi tersebut, yang kini ada dalam tahap akhir. Meski demikian, konsumen harus menunggu beberapa tahun lagi sebelum mereka dapat melihat hasil dari pengembangan layar MicroLED ini.

Usaha Apple untuk mengembangkan layar MicroLED merupakan bagian dari rencana mereka untuk membuat sendiri komponen-komponen penting dalam perangkat iPhone. Sebelumnya, Apple telah mendesain chipset yang mereka gunakan pada perangkat mobile sejak beberapa tahun lalu.

Keputusan Apple untuk membuat layar sendiri bisa mengganggu bisnis para penyuplai seperti Samsung, Japan Display, Sharp atau LG Display.

Hal itu juga bisa mengganggu bisnis perusahaan seperti Synaptics yang membuat antarmuka chip-layar atau Universal Display, yang merupakan pemimpin dalam pengembangan layar OLED.

Komentar

Embed Widget

x