Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 21:54 WIB

Google Rayakan Ultah Astronom Ternama Meksiko

Rabu, 21 Maret 2018 | 08:08 WIB

Berita Terkait

Google Rayakan Ultah Astronom Ternama Meksiko
(Google)

GUILLERMO Haro menjadi tema Google Doodle di hari ini, Rabu, 21 Maret 2018. Siapakah dia?

Begitu mengakses laman utama pencarian Google hari ini, Anda akan langsung disambut tampilan doodle berupa penampakan langit malam dengan rasi bintang yang membentuk wajah seorang pria berkacamata dan berkumis. Dia adalah Gillermo Haro, yang hari ini merayakan ulang tahunnya ke-105.

Haro merupakan astronom yang lahir di Meksiko pada 21 Maret 1913. Dia beranjak dewasa saat terjadi revolusi di Meksiko. Meski mengenyam pendidikan filsafat di National Autonomous University of Mexico, Haro justru tertarik pada dunia astronomi. Atas ketertarikannya itu, dia diangkat sebagai asisten di observatorium bernama Observatorio Astrofisico de Tonantzintla pada tahun 1943.

Dia pun pernah bekerja di Harvard College Observatory, AS, pada tahun 1943 hingga 1944. Di bidang astronomi, Haro berhasil menemukan 'Three Sisters', bagian dari konstelasi rasi bintang Orion. Dia juga berkontribusi dalam penemuan planet nebula yang diberi nama Herbig-Haro.

Dirinya pula yang menemukan tiga bintang suar (flare stars), bintang berwarna merah dan biru benderang di wilayah kontelasi Orion. Bintang berwarna merah dan biru benderang itu pun dihadirkan Google di tampilan doodle spesial hari ini.

Penemuan tersebut yang kemudian mengantarkan Haro menjadi orang Meksiko pertama, sekaligus astronom dari negara berkembang pertama yang meraih Royal Astronomical Society pada tahun 1959.

Haro mewariskan lembaga riset National Institute Astrophysics, Optics and Electronics yang didirikannya untuk mendukung mahasiswa sains menuju karir profesional mereka.

Lembaga riset ini menjalankan sebuah observatorium yang diberi nama sesuai namanya, Guillermo Haro Observatory, yang terletak di Cananea, negara bagian Sonora, Meksiko.

[ikh]

Komentar

Embed Widget
x