Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 02:07 WIB

Kencan Sehari Bersama All New Daihatsu Sirion

Oleh : Ikhsan | Minggu, 18 Maret 2018 | 07:30 WIB

Berita Terkait

Kencan Sehari Bersama All New Daihatsu Sirion

SAAT yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga, yakni menjajal All New Sirion, city car terbaru Daihatsu yang diimpor langsung dari Malaysia secara utuh alias CBU.

Pada Kamis (15/3/2018), sejumlah awak media --termasuk INILAHCOM-- mendapat kesempatan dari Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mencicipi kenyamanan dan performa All New Sirion yang baru saja resmi diperkenalkan di Tanah Air sebulan yang lalu.

Baca juga: Daihatsu Gelar Media Test Drive All New Sirion

Media test drive kali ini mengambil rute Gedung Vehicle Logistic Centre Astra Daihatsu Motor di kawasan Sunter, Jakarta Utara, menuju BSD City, Tangerang, lalu kembali lagi ke Sunter. ADM menyediakan 10 unit All New Sirion yang terdiri dari lima unit bertransmisi manual (MT) dan lima unit bertransmisi otomatis (AT).

Saat memasuki kabin, kesan pertama yang terasa adalah lega. Ya, dimensi Sirion generasi ketiga ini memang mengembang lebih besar. Panjangnya 3.895mm atau 205mm lebih panjang dari generasi kedua, dan lebarnya 1.735mm atau 70 mm lebih lebar dari model sebelumnya. Demikian pula dengan jarak sumbu rodanya (wheelbase) yang juga bertambah panjang 60mm menjadi 2.500mm.

Pertumbuhan dimensi ini memberi manfaat pada dimensi interior. Sirion terbaru ini memiliki kabin yang sangat lega, khususnya di baris kedua. Penumpang yang duduk di jok belakang memiliki ruang kaki dan kepala yang luas. Begitu juga dengan bagasinya yang memiliki kapasitas lebih besar ketimbang para kompetitor di kelasnya.

Selain lebih besar, bagasi All New Sirion telah dilengkapi dengan jaring pembatas untuk pengaturan barang yang lebih baik. Kapasitas ruang bagasi sampai 277 liter, atau 69 liter lebih besar dari model sebelumnya. Untuk menambah ruang bagasi, kursi baris kedua yang terbagi 60:40 bisa dilipat. Dengan melipat kursi bisa tercipta ruang hingga 800 liter.

Baca juga: Sirion Terbaru Meluncur, Harga Mulai Rp182,5 Juta

Interior yang didominasi warna gelap ini menawarkan kepraktisan sebuah mobil keluarga. Seperti cup holder, kantong penyimpanan hingga gantungan dengan kapasitas sampai 3 kg. Juga ada colokan USB di sandaran kursi pengemudi untuk penumpang belakang. Di bawah colokan ada kantung untuk menyimpan gadget yang tengah di-charge.

Untuk penumpang baris kedua, posisi cup holder yang terbaik ada di door trim. Ada pula semacam cup holder di belakang tuas rem parkir, namun posisinya terlalu rendah untuk dijangkau. Mungkin lebih pas untuk menaruh botol minuman yang tertutup.

Sayangnya, bantingan suspensi All New Sirion terbilang keras. Itu jadi lebih terasa saat duduk di kursi belakang. Speed trap jalan, polisi tidur, atau jalanan keriting menjadi musuh kenyamanan Sirion karena langsung terasa betapa kerasnya suspensi city car andalan Daihatsu ini. Suspensi depan memakai Mac Pherson Strut, sementara di belakang Torsion Beam. Padahal keduanya sudah didukung stabilizer, tapi setelan suspensi sengaja dibikin kaku.

Daihatsu memang memilih karakter suspensi yang cenderung keras. Pertimbangannya, untuk menyesuaikan dengan target market yang diincar yaitu anak muda yang tentunya mengharapkan kendaraan dengan pengendaraan sporty.

"Anak muda itu inginnya kencang dan stabil. Makanya di Sirion baru ini stabilizernya ditambah di belakang," kata Bambang Supriyadi, Product Improvement Departement Head ADM yang ditemui di sela-sela acara test drive.

Memang dengan suspensi kaku, All New Sirion bisa lebih stabil saat dikendarai. Dalam hal ini memang benar-benar dirasakan saat dipacu di jalan bebas hambatan dengan kecepatan tinggi.

Karakter suspensi keras membuat mobil stabil pada kecepatan tinggi maupun saat berpindah jalur. Mobil yang meraih bintang lima ASEAN NCAP ini juga menapak kuat saat menikung. City car anyar ini bisa bermanuver dengan presisi sesuai kehendak pengemudi.

Meski demikian, suspensi keras di sini bukan berarti menghilangkan kenyamanan secara keseluruhan. Untuk penggunaan city car yang memang 'habitatnya' di perkotaaan yang mayoritas didominasi jalanan beraspal mulus, All New Sirion tetap nyaman digunakan untuk sehari-hari.

Duduk di bangku pengemudi menjadi hal yang paling seru dari All New Sirion. Desain dasbor baru yang mengutamakan driver oriented menjadi keuntungan tersendiri. Dengan adanya key free system dan Start/Stop Button, 2-Din Touch Screen Audio dilengkapi kamera parkir, serta audio & phone handsfree steering switch, semakin menambah kenyamanan dan kemudahan bagi pengendara.

Monitor head unit pun cenderung responsif ketika disentuh, serta pengaturan AC digital yang masih menggunakan tombol fisik, namun punya dua set memori, sangat memudahkan ketika ingin mengoperasikannya sambil mengemudi.

Menggendong mesin berkode 1NR-VE dengan konfigurasi 4-silinder DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.329cc yang mampu menggelontorkan tenaga 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 120 Nm pada 4.200 rpm, performa All New Sirion sangat terasa asyik saat pedal gas dipijak.

INILAHCOM menjajal varian bertransmisi MT maupun AT, keduanya menyajikan sensansi yang berbeda.

Pada varian MT 5-percepatan, laju All New Sirion bisa dibuat 'galak' seperti ketika mengikuti lomba slalom, namun perpindahan giginya tetap terasa halus. Sebaliknya, varian AT 4-percepatan jelas tidak seresponsif varian MT. Versi ini lebih menyajikan kenyamanan dalam berkendara, terutama di perkotaan.

Meski demikian, kedua varian transmisi ini sangat nyaman dan stabil saat dipacu hingga kecepatan 130 km/jam di jalan bebas hambatan.

Baik untuk versi AT maupun MT, ada indikator Eco pada panel instrumen yang membantu pengendaraan lebih ekonomis terkait konsumsi bahan bakar.

Kemudi Sirion sangat ringan, membantu manuver aktif saat city car ini harus bergerak dinamis. Tingkat presisi putaran kemudi dan feedback-nya terasa cukup, meski belum bisa disebut yang terbaik di kelasnya. Namun, yang cukup jadi sorotan adalah tuas rem tangan. Posisinya agak rendah saat sudah diturunkan.

Pada fitur keselamatan, All New Sirion juga dibekali beragam fitur seperti Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), serta Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi untuk mencegah oversteer dan understeer.

Dengan adanya front & side airbags pada empat titik, ISOFIX, serta seat belt reminder pada pengemudi dan semua penumpang, menjadikan All New Sirion semakin aman saat dikendarai.

Salah satu fitur baru city car yang tersemat di mobil ini adalah sensor parkir depan yang bisa diaktifkan melalui tombol. Jika ada benda dalam jarak 60 cm atau kurang maka sensor akan berbunyi.

Seperti disebutkan di atas, All New Sirion sudah lolos uji tabrak ASEAN NCAP dengan berhasil meraih bintang lima alias yang tertinggi.

Sirion yang hadir perdana di Indonesia 11 tahun yang lalu, tepatnya pada April 2007, sudah mengalami full model change pada Juli 2011, dan minor change pada Februari 2015. Sedangkan All New Sirion mengalami perubahan yang signifikan pada sisi eksterior, interior, dan fitur-fiturnya, sehingga city car andalan Daihatsu ini tampil lebih stylish, nyaman, dan aman.

Penampilan stylish pada All New Sirion didukung dengan disematkannya LED headlamp, 15-inch polished alloy wheel, serta LED rear combi lamp. Dengan mesin 1NR-VE 1.3L DOHC Dual VVT-i, performa Sirion juga menjadi lebih bertenaga, namun tetap irit bahan bakar.

All New Sirion tampil dengan lima pilihan warna baru, yakni Lava Red, Icy White, Mystical Purple, Glittering Silver, dan Peppermint Green. City car anyar ini juga tersedia dalam dua varian, yaitu tipe bertransmisi manual (MT) yang ditawarkan seharga Rp182,5 juta dan tipe bertransmisi otomatis (AT) yang dibanderol Rp193,5 juta. Harga tersebut berstatus on-the-road (OTR) Jakarta.

"Semoga dengan diadakannya acara media test drive ini dapat memberikan sebuah pengalaman yang unik dan baru bagi Sahabat Jurnalis yang nantinya dapat membagikan informasi kepada para pelanggan Daihatsu," ucap Amelia Tjandra, Marketing Director ADM.

Komentar

x