Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 10:56 WIB

Telkomsel-UI Sediakan Sepeda Berbasis NB-IoT

Oleh : Ibnu Naufal | Rabu, 14 Maret 2018 | 15:45 WIB

Berita Terkait

Telkomsel-UI Sediakan Sepeda Berbasis NB-IoT
(ist)

INILAHCOM, Depok - Telkomsel bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) menyediakan layanan transportasi meliputi bike-sharing (sepeda) dengan konsep teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) dan menjadi yang pertama di Indonesia.

"Uji coba yang diimplementasikan untuk konsep bike sharing di UI ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Telkomsel dalam mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT di Indonesia, seiring pesatnya perkembangan IoT di masa mendatang," ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel, di Kampus UI Depok, Rabu (14/3/2018).

Teknologi IoT dipasang di sepeda dan tiang parkir sepeda dalam ekosistem Sepeda Kuning (Spekun). Selain itu, ada aplikasi 'Spekun' yang berfungsi untuk memesan sepeda sekaligus membuka dan memasang kunci yang mengamankan sepeda ke tiang parkir menggunakan media kode QR.

Dengan begitu pengunaan Spekun tidak menggunakan skema konvensional, di mana sepeda harus dikembalikan ke lokasi tertentu.

Dengan sistem pemosisi global (GPS) yang aktif dan sebuah aplikasi Spekun, pengguna dapat memarkirkan sepeda di titik di sekitar kampus yang telah disediakan.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met menyatakan penerapan sistem berbagi sepeda pintar di Kampus UI Depok adalah bagian dari upaya perguruan tinggi itu mencontohkan penerapan teknologi dalam kehidupan nyata sebagai role model sebelum penerapan yang lebih luas di masyarakat.

"Untuk mewujudkan visi smart & green campus, penerapan teknologi pada jenis transportasi umum seperti Spekun memang memegang peranan penting. Sebagai salah satu kampus yang menyediakan ekosistem transportasi sepeda dengan lengkap, kami dengan senang hati menerima implementasi teknologi terbaru dari Telkomsel ini," ujarnya.

Sistem bike sharing generasi 4+ ini merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Banopolis sebagai penyedia sistem bike sharing dan Huawei sebagai penyedia infrastruktur jaringan dan teknologi NB-IoT.

Uji coba bike sharing di UI menggunakan teknologi radio akses NB-IoT yang sepenuhnya memenuhi standar 3GPP dan beroperasi pada frekuensi 900 MHz.

Untuk tahap awal, Telkomsel bersama mitra mengimplementasikan solusi bike sharing di UI untuk tiga stasiun bike share, 20 sepeda, dan 40 tiang dock parkir.

Komentar

x