Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 16:16 WIB

Merekam Aurora Borealis Saat Bulan Biru

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Minggu, 11 Maret 2018 | 04:04 WIB

Berita Terkait

Merekam Aurora Borealis Saat Bulan Biru
(Foto: youtube)

INILAHCOM, Jakarta - Seorang fotografer profesional merekam dua peristiwa alam menakjubkan sekaligus, yakni Aurora Borealis dengan Bulan Biru (Super Blue Blood Moon).

Seorang fotografer yang bernama William Briscoe merekam video 8k dari fenomenal alam Aurora Borealis dengan Bulan Biru (Super Blue Blood Moon) sekaligus.

Momen langka ini direkam via video 360 derajat dengan kualitas 4K, dan diambil di wilayah Fairbanks, Alaska, pada 31 Januari lalu.

Peristiwa gerhana bulan total sudah terjadi pada 31 Januari 2018. Gerhana Bulan tersebut juga akan bertepatan dengan Bulan yang akan berada di titik terdekatnya dengan Bumi, atau dikenal sebagai perigee, sehingga gerhana Bulan total akan tampak lebih besar.

Gerhana tersebut juga terjadi di fase Bulan purnama kedua pada Januari 2018 sehingga dijuluki sebagai Bulan Biru (Super Blue Blood Moon), walaupun Bulan nantinya tidak akan berwarna biru.

Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

Di Bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis atau Northern Lights.

Tonton videonya di bawah ini:

Komentar

Embed Widget
x