Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 September 2018 | 06:23 WIB

Studi: Pengguna Android Lebih Setia dari iOS

Sabtu, 10 Maret 2018 | 16:16 WIB

Berita Terkait

Studi: Pengguna Android Lebih Setia dari iOS
(Foto: Computerworld)

INILAHCOM, San Francisco - Riset baru yang diadakan oleh Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menyebut bahwa pengguna Android lebih setia ketimbang pengguna iOS.

Studi itu juga menunjukkan bahwa kesetiaan pengguna Android dan iOS telah menjadi stabil sejak awal 2016. Tingkat loyalitas pengguna juga sudah mencapai tingkat tertinggi.

Kesetiaan Android berada pada level 89-91 persen, sementara loyalitas iOS pada 85-88 persen selama periode yang dimulai dari Januari 2016 sampai Desember 2017. Pada awalnya, pengguna Android sebenarnya tidak selalu setia. Namun, mereka mulai menjadi setia pada 2014.

"Kesetiaan pengguna Android kini sedikit lebih tinggi dari pengguna iOS," kata Josh Lowitz, salah satu pendiri CIRP dalam pernyataan resmi yang dilansir ZDNet.

"Lama kelamaan, tingkat kesetiaan Android meningkat, seiring dengan bertambahnya aplikasi, musik dan video yang tersedia di sistem operasi itu dan pengalaman penggunaan di kedua platform yang menjadi semakin mirip," imbuhnya.

"Pengguna Android juga diuntungkan dengan banyaknya jenis ponsel dari manufaktur yang berbeda, jadi mereka bisa mengganti ponsel tanpa harus belajar menggunakan sistem operasi yang baru," tambahnya lagi.

Sekarang tingkat kesetiaan pengguna Android dan iOS telah stabil, Apple dan Google harus fokus untuk menarik pengguna pesaingnya menjadi pengguna sistem operasi buatannya.

"Kesetiaan untuk Android dan iOS meningkat pada 2015, sampai 2016, ketika loyalitas itu menjadi stabil untuk kedua sistem operasi," ujar Mike Levin, yang juga salah satu pendiri CIRP.

"Tingkat loyalitas ini tertinggi yang pernah kita lihat, sekitar 85-90 persen sepanjang waktu," lanjutnya.

"Hanya dengan adanya dua sistem operasi, tampaknya pengguna akan memilih salah satu, belajar mengunakannya, mencari aplikasi yang sesuai dengan setia menggunakannya. Sekarang, Apple dan Google harus menemukan cara untuk mengetahui bagaimana menjual produk dan layanan pada pengguna setia tersebut," pungkas Levin.

Komentar

x