Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 14:35 WIB

Menjajal All New Daihatsu Terios Tipe X Deluxe MT

Oleh : Ibnu Naufal | Minggu, 11 Maret 2018 | 10:10 WIB

Berita Terkait

Menjajal All New Daihatsu Terios Tipe X Deluxe MT
(inilahcom/ibnu naufal)

KEHADIRAN All New Daihatsu Terios sebagai pendatang baru tentu membuat sejumlah konsumen penasaran bagaimana perfoma maupun kenyamanan mobil tersebut.

Sebagai mobil pendatang baru dengan model dan mesin baru, All New Daihatsu Terios pasti tidak mau disamakan dengan pendahulunya. Terios lawas banyak 'dikritik' lantaran bantingan suspensinya keras, limbung, dan body roll-nya terasa banget apalagi jika duduk di bangku penumpang baris ketiga.

Bagaimana dengan Terios versi 2018 ini? Berikut impresi dari All New Daihatsu Terios:

Tipe X Deluxe MT

All New Daihatsu Terios ini kebetulan merupakan milik pribadi dari salah satu awak redaksi INILAHCOM, bukan pinjaman dari pihak Astra Daihatsu Motor (ADM). Tipenya adalah X Deluxe MT yang dibanderol Rp205,2 juta on-the-road Jakarta.

Kelengkapannya sendiri di atas dari versi termurahnya, yakni X MT. Dari sisi eksterior dapat dilihat mencolok dari penggunaan grille, skid plate, dan velg warna hitam. Keempat rodanya berukuran 215/65-R16.

Lalu ditambahkan dibelakan terdapat stiker tulisan 'Deluxe' di bagian belakang. Knalpot dengan aksesori supaya lebih gagah dan cover ban cadangan. Interior ada perbedaan sedikit, lewat kemunculan konsol box tengah.

Masuk ke interior, dasbor menggunakan kombinasi dua warna. AC sudah digital, ada Multi Instrument Display (MID), jok masih kain dan bangku tiga baris.

Kenyamanan kabinnya ditunjang dengan AC double blower, head unit layar sentuh menggunakan Kenwood 2-DIN yang terkoneksi DVD, USB, Aux-in dan radio, speaker hingga baris kedua dan colokan charger untuk smartphone di baris pertama.

Enam head rest pun sudah tersedia, dan ada konektivitas dengan head unit melalui mirroring yang memudahkan terhubung dengan smartphone. Kenyamanan juga semakin baik, melalui fitur parkir mundur.

Untuk sistem keselamatan All New Terios varian X, dimulai dari Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) untuk mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, serta dual SRS Airbag. Keamanan kendaraan, ditunjang lewat Immobilizer dan alarm.

Performa All New Terios

Model Terios versi 2018 ini sesuai dengan apa yang dimau konsumen di Indonesia; SUV rasa MPV yang lagi ngetren saat ini.

Impresi kami saat mengendarai rasanya naik mobil MPV seperti ada 'Xenia-xenianya' bukan naik mobil real SUV pada umumnya.

Ketika menyalakan mesin, raungan dari kap depan hingga ke kabin sangat senyap, tetapi dengan catatan semua kaca tertutup rapat. Ketika mobil mulai berjalan, karakter mesinnya masih sangat halus dan sedikit responsif. Setir kemudi juga ringan, sehingga memudahkan pengemudi ketika melewati jalan berkelok-kelok atau parkir.

All New Daihatsu Terios ini menggunakan mesin 2NR-VE-DOHC dual VVTi seperti punya Avanza Veloz. Saat melaju di jalanan, kabin Terios baru ini terbukti lebih senyap ketimbang pendahulunya. Saat menikung di kelokan pun juga terasa nyaman-nyaman saja.

Meski untuk versi X hanya menggunakan velg 16 inci dan ban ukuran 215/65, namun kinerja mobil untuk mendukung kenyamanan dan kestabilannya tetap terjaga.

Pengereman Terios baru ini juga terasa mantap. Menerapan teknologi rem ABS dan EBD yang responsif, sukses membuat pengereman menjadi lebih pakem tanpa harus menginjak pedal rem terlalu dalam.

Konsumsi BBM Terios versi X Deluxe MT anyar ini juga terbilang standar. Dalam pengalaman INILAHCOM untuk kondisi macet dalam kota 8,7 km/ liter, sedangkan untuk luar kota bisa mencapai 12,13 km/liter dengan jarak tempuh 308,65 km dan gaya mengemudi eco style dengan penumpang dua orang.

Sekedar informasi, All New Daihatsu Terios tersedia dalam tujuh varian, yakni tipe X MT, X Deluxe MT, X Deluxe AT, R MT, R Deluxe MT, R AT, dan R Deluxe AT.

SUV andalan Daihatsu ini pun hadir dengan enam pilihan warna, yaitu Bronze Metallic, Classic Silver Metallic, Icy White, Midnight Black Metallic, Purple Metallic, dan Scarlet Red Metallic.

Komentar

Embed Widget
x