Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 04:51 WIB

Hitachi Dorong Peran Pemerintah Menuju Smart City

Oleh : Ibnu Naufal | Kamis, 22 Februari 2018 | 23:23 WIB

Berita Terkait

Hitachi Dorong Peran Pemerintah Menuju Smart City
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Smart City menjadi salah satu inovasi yang kini gencar dibangun di Indonesia sebagai salah satu langkah modernisasi dan adopsi teknologi ke sektor yang lebih luas. Penerapan Smart City dianggap Hitachi akan mampu membuat Pemerintah bekerja lebih efisien, efektif, dan transparan.

Hal tersebut dikemukakan Keith Roscarel, Director Smart Spaces and Video Intelligence APAC Hitachi Vantara. Dia mengungkapkan peran yang harus diambil pemerintahan-pemerintahan di Asia Pasifik untuk terus mendorong inisiatif Smart City yang diprediksi akan melonjak jumlahnya hingga 32 kota pada tahun 2025, mengalahkan Eropa dan AS.

"Salah satu alasan paling populer yang dikutip karena kelambatan perkembangan keamanan publik adalah kurangnya fokus dari pemerintah; hal ini cukup aneh mengingat keselamatan publik merupakan salah satu tanggung jawab utama pemerintah." ujarnya dalam rilis yang diterima INILAHCOM.

Selain itu, penerapan konsep Smart City juga memungkinkan Pemerintah melakukan pengelolaan data dan memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan efisien.

Lebih lanjut, Hitachi sendiri mengaku memiliki solusi yang dapat menjawab impelementasi smart city di Indonesia. Beberapa di antaranya bernama Hitachi Visualization Suite, Hitachi Video Management Platform, dan Hitachi Video Analitics.

"Kunci untuk menciptakan kota yang lebih cerdas dan aman bukanlah bekerja sedikit lebih keras di beberapa area tertentu. Solusi sebenarnya adalah berhenti melihat masing-masing komponen kota yang aman ini secara terpisah. Agar benar-benar efektif, pemerintah kota harus melihat dan mengelola semua bagian bersama secara holistik," ujar Roscarel.

"Tujuan akhir bagi kota manapun --Smart City atau sebaliknya-- adalah menciptakan lingkungan di mana warganya dapat hidup tanpa harus khawatir dengan keselamatan mereka." pungkasnya.

Komentar

x