Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 05:13 WIB

Kerangka Bayi 6.000 Tahun Terbuai di Lengan Ibunya

Senin, 19 Februari 2018 | 06:06 WIB

Berita Terkait

Kerangka Bayi 6.000 Tahun Terbuai di Lengan Ibunya
(National Geographic)

INILAHCOM, Nieuwegein - Para arkeolog di Belanda menemukan sisa-sisa tubuh bayi berusia 6.000 tahun yang tertidur di lengan perempuan muda yang diduga sebagai ibunya.

Mengutip National Geographic, kerangka bayi tersebut ditemukan saat penggalian di Nieuwegein, Utrecht, Belanda, oleh para arkeolog dari BAAC dan RAAP. Sang bayi diduga baru lahir atau berusia enam bulan saat meninggal.

Nieuwegein memang dikenal sebagai situs kuburan bayi tertua yang pernah ditemukan di Belanda.

Dikubur di tanah liat dengan kedalaman 2 meter, penemuan ini sempat membuat para arkeolog tertegun.

Mereka kaget ketika menemukan bayi di samping kerangka wanita muda yang diperkirakan berusia 20 hingga 30 tahun saat meninggal.

Posisi penguburan perempuan itu tidak sesuai dengan budaya Swifterbant di wilayah tersebut.

"Diketahui lengan kiri perempuan tersebut ada di sisi tubuhnya. Namun, lengan kanannya bengkok seperti sedang memeluk bayi," papar Pemerintah Kota Nieuwegein dalam sebuah pernyataan tertulis.

Potongan tulang belulang bayi ditemukan di lengan kanan perempuan tersebut. Termasuk tengkorak, rahang, gigi, tulang selangka, dan tulang tungkai.

"Ini penemuan fantastis. Meski demikian, kami belum bisa memastikan umsia bayi ketika meninggal," ujar Kirsten Leijnse, arkeolog BAAC.

Saat ini, analisis DNA sedang dilakukan untuk memastikan apakah perempuan itu benar-benar ibu dari bayi yang ditemukan. Juga untuk mengetahui jenis kelamin bayi.

Komentar

Embed Widget
x