Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Februari 2018 | 06:46 WIB
 

Google Didenda Rp287 Miliar di India

Oleh : - | Selasa, 13 Februari 2018 | 17:17 WIB
Google Didenda Rp287 Miliar di India
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New Delhi - Google kembali terkena sanksi terkait permasalahan anti-trust, setelah komisi kompetisi India menjatuhkan denda senilai US$21,1 juta atau sekitar Rp287,36 miliar. Badan regulasi India itu menilai Google telah menyalahgunakan posisi dominan pada pasar pencarian lokal.

Tuduhan tersebut terkait dengan pencarian situs umum online dan layanan periklanan pencarian web. Google dituduh memanfaatkan dominasi untuk memperkuat posisinya di pasar layanan pencarian sindikasi online.

Komisi Persaingan India (CCI) mengatakan bahwa pengajuan akses kompetitor ke pasar layanan sindikasi pencarian online tersebut dilaporkan ditolak akibat dominasi Google ini. Selain itu, pelarangan akibat kesepakatan intermediasi pencarian yang telah dinegosiasikan di kalangan penerbit dinilai tidak adil.

Sebab, kesepakatan tersebut membatasi pilihan bagi mitra dan mencegah mereka untuk menggunakan layanan pencarian yang disediakan oleh mesin pencarian kompetitor.

CCI juga mengungkap bahwa hasil temuan investigasinya merujuk pada usaha Google untuk mengarahkan pengguna situs yang melakukan pencarian untuk penerbangan ke halaman miliknya.

Hal tersebut dinilai merugikan bisnis yang tengah berupaya untuk memperoleh akses ke pasar, serta secara tidak adil mencegah untuk menggunakan layanan pencarian yang disediakan mesin pencarian kompetitor.

Badan pengawas ini juga menjelaskan kepada Google berkenaan dengan pelanggaran kompetisi terkait dengan elemen lain dari bisnisnya. Pelanggaran tersebut secara spesifik terkait dengan desain pencarian (OneBoxes), AdWords, intermediasi online, dan kesepakatan distribusi.

Sementara itu, Google berkomentar bahwa mereka kini terfokus pada inovasi untuk mendukung kebutuhan pengguna yang terus berevolusi. Raksasa teknologi AS itu juga mengklaim bahwa CCI telah mengonfirmasi pada sebagian besar permasalahan yang diperiksanya. Adapun Google telah berupaya memenuhi persyaratan hukum kompetisi yang berlaku di India.

Tuntutan hukum terkait anti-trust di India bukanlah yang pertama bagi Google, setelah pada tahun lalu, badan regulasi kompetisi Eropa turut mengajukan denda US$2,7 miliar (Rp36,77 triliun) terkait permasalahan serupa.

Komentar

 
Embed Widget

x