Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 April 2018 | 11:10 WIB
 

Anak Muda di AS Mulai Tinggalkan Facebook

Oleh : - | Selasa, 13 Februari 2018 | 15:15 WIB
Anak Muda di AS Mulai Tinggalkan Facebook
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, San Francisco - Firma riset pasar eMarketer memprediksi bahwa jumlah pengguna Facebook di tahun ini akan berkurang terutama di wilayah AS.

eMarketer memperkirakan jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di AS tahun ini hanya akan meningkat 1 persen dari jumlah di tahun lalu menjadi 169,5 juta pengguna. Prediksi lainnya porsi pengguna Facebook akan didominasi generasi tua.

Alasannya, eMarketer melihat banyak pengguna dari usia muda yang meninggalkan Facebook karena banyak dari generasi tua seperti orang tua dan kakek-nenek mereka yang mulai fasih menggunakan Facebook sehingga mereka merasa jejaring sosial ini tidak menarik lagi.

eMarketer menilai di tahun ini untuk pertama kalinya kurang dari separuh pengguna Facebook di rentang usia 12-17 tahun hanya mengakses Facebook paling sedikit satu kali dalam sebulan.

Menurut firma riset pasar ini, di tahun 2018 angka pengguna Facebook di usi 11 tahun dan di bawahnya akan berkurang hingga 9,3 persen. Selain itu, pengguna di usia 12-17 tahun juga mengalami penurunan sebanyak 5,6 persen dan untuk di rentang usia 18-24 tahun turun 5,8 persen.

DiprediksiFacebook akan kehilangan 2 juta pengguna berusia 24 tahun atau di bawahnya. Meskipun Facebook masih memiliki Instagram, tapi eMarketer mengklaim tidak semuanya akan beralih ke media sosial tersebut.

Menurut eMarketer, Instagram akan mengalami peningkatan jumlah pengguna sebanyak 1,6 juta dari kalangan berusia 24 tahun atau di bawahnya.

Justru Snapchat mengalami peningkatan lebih banyak ,yaitu 1,9 juta dari kalangan pengguna di usia yang sama dengan Instagram.

Saat ini, Instagram memang masih memiliki basis jumlah pengguna lebih banyak dari Snapchat, namun dengan prediksi tadi maka jumlah pengguna Snapchat bisa menyalip dan melesat tumbuh lebih besar.

Masih menurut eMarketer, hal ini didorong dari langkah Snapchat merubah model platformnya termasuk membuat aplikasi ini lebih mudah digunakan.

Komentar

 
Embed Widget

x