Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 19:02 WIB
 

Android Messages Bikin Fitur Mirip iMessage?

Oleh : - | Sabtu, 10 Februari 2018 | 21:30 WIB
Android Messages Bikin Fitur Mirip iMessage?
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, San Francisco - Berdasarkan informasi yang ditemukan dalam APK Teardown aplikasi Android Messages terbaru (v2.9), Google sepertinya tengah bersiap meluncurkan beberapa fitur baru.

Mengutip GSM Arena, fitur baru yang telah dimiliki pengguna Apple tersebut akan hadir untuk pemilik Android, yaitu antarmuka desktop untuk aplikasi resmi SMS/Messaging dan fitur SMS/RCS.

Fitur antarmuka web akan mendukung Android Messages untuk dipasangkan ke web browser sehingga pengguna dapat melakukan percakapan via SMS dari komputer.

Kata-kata seperti 'Messages for Web','Scan your QR code', dan 'Sign out of all computers', menandakan bahwa proses penghubungan perangkat akan serupa dengan aplikasi chatting Allo milik Google.

Google telah bekerja selama beberapa tahun untuk dapat membawa RCS ke operator di seluruh dunia. Baru-baru ini Google mengaktifkan RCS untuk beberapa operator di Amerika Selatan dengan membuat layanan tersebut berjalan di layanan cloud Google.

Kata-kata yang mendukung ide ini adalah 'New! Text over Wi-Fi and data', 'Chat features are powered by Google', and 'No, use SMS only'.

Kemungkinan besar Google hampir selesai menciptakan solusi cloud-nya sendiri untuk perpesanan yang dapat bekerja secara independen dari operator lokal dan kompatibel dengan operator yang telah menerapkan RCS sendiri.

Fitur ini kemungkinan bakal diumumkan dalam konferensi pengembang perangkat lunak Google I/O 2018, Mei mendatang.

Fitur terakhir adalah pembayaran bisnis. Android Messages kemungkinan akan dapat mendukung pembayaran toko online atau toko dan bisnis lokal. Kata-kata yang ditemukan untuk mendukung fitur ini seperti 'Buy with Google', 'Payments Summary', dan 'Checkout'.

Baru-baru ini, Google memperkenalkan kemampuan untuk mengirim uang ke teman dengan Google Wallet, langsung dari percakapan SMS.

Belum diketahui bagaimana pembayaran di Android Messages akan berjalan, namun diperkirakan toko online dapat mengirimkan faktur atau permintaan pembayaran kepada pelanggan hanya dengan menggunakan nomor telepon mereka, sehingga pembayaran tetap aman tanpa perlu mengingat password.

Pesan yang dikirim ke nomor pelanggan akan berisi tanda pembayaran untuk melakukan pembayaran transaksi tertentu dengan menggunakan metode pembayaran seperti yang ada pada Android Pay.

Konferensi tahunan Google I/O adalah momen di mana Google biasanya mengumumkan semua fitur, layanan dan produk baru yang mendukung dan menambah ekosistem Google dan Android (bahkan iOS). Konferensi tersebut akan berlangsung pada 8 hingga 10 Mei di markas besar Google di Mountain View, California, AS.

Komentar

 
Embed Widget

x