Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 September 2018 | 06:22 WIB

Bawa Mobil Tesla, SpaceX Luncurkan Roket ke Mars

Kamis, 8 Februari 2018 | 00:00 WIB

Berita Terkait

Bawa Mobil Tesla, SpaceX Luncurkan Roket ke Mars
(LA Times)

INILAHCOM, Cape Canaveral - Roket terbesar di dunia milik SpaceX, Falcon Heavy, meluncur dari Cape Canaveral, Florida, AS, pada Selasa waktu setempat, dalam penerbangan uji coba pertamanya dengan membawa mobil listrik Tesla Roadster milik CEO SpaceX Elon Musk ke orbit Planet Mars.

Mengutip AFP, teriakan dan sorak sorai menggemuruh di kantor pusat pengendali misi ketika roket raksasa itu menyalakan 27 mesinnya dan melesat ke langit biru di tempat peluncuran yang sama digunakan NASA saat menerbangkan misi ke Bulan empat dekade silam.

"Misi telah berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan," kata Musk kepada wartawan, seraya menyebut jika peluncuran itu adalah hal paling indah yang pernah dia saksikan.

Dengan salah satu ujung roket di dalamnya dimuati mobil Tesla Roadster berwarna merah dan sebuah manekin tiruan astronot berpakaian ruang angkasa di belakang kemudi mobil, perjalanan bersejarah roket raksasa ini telah menyita perhatian dunia.

Webcast SpaceX menayangkan Tesla Roadster melesat dibawa roket ke ruang angkasa dengan latar belakang lagu David Bowie berjudul Space Oddity dengan tulisan 'DON'T PANIC!' terlihat di dasbor, mirip miniseri fiksi ilmiah Hitchhiker's Guide to the Galaxy.

Musk memposting live video yang memperlihatkan manekin yang dijuluki 'Starman; itu meluncur seolah mengemudikan Tesla Roadster dengan berpakaian ruang angkasa dan bersarung tangan putih.

"Jika Roadster menuntaskan perjalanan lima jam melalui Sabuk Van Allen Belt, maka pada tancap gas terakhir akan menuju Mars," kata Musk.

Sekitar dua menit setelah meluncur, dua pendorongnya terlepas dan kembali ke Bumi untuk pendaratan tegak lurus. Video siaran langsung uji coba penerbangan itu menunjukkan kedua roket mendarat serempak bersisian di landasan peluncuran. Yang ketiga ditargetkan mendarat di platform samudra.

Komentar

x