Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 15:54 WIB
 

Toyota Revisi Proyeksi Laba Bersih Tahunan

Oleh : - | Rabu, 7 Februari 2018 | 14:30 WIB
Toyota Revisi Proyeksi Laba Bersih Tahunan
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Tokyo - Toyota merevisi proyeksi pendapatan dan laba bersih tahunan yang seimbang akibat melemahnya nilai tukar mata uang Yen dan pemotongan pajak di AS.

Raksasa otomotif Jepang itu memperkirakan akan membukukan laba bersih sebesar 2,4 triliun yen atau sekitar US$22 miliar pada tahun fiskal sampai Maret 2018, naik dari perkiraan November sebesar 1,95 triliun yen.

Penjualan tahunan diperkirakan mencapai 29 triliun yen, naik dari proyeksi sebelumnya sebesar 28,5 triliun.

Pada Mei tahun lalu, Toyota mengumumkan penurunan pertama dalam laba tahunan selama lima tahun menyusul adanya biaya yang dibebankan kepada konsumen di pasar AS.

Toyota mengatakan laba bersih naik 40,5 persen menjadi 2,0 triliun yen untuk sembilan bulan hingga Desember, dengan penjualan 21,8 triliun yen, yang naik 8,1 persen.

Salah seorang petinggi Toyota mengatakan bahwa keuntungan tersebut merupakan hasil beberapa faktor, termasuk melemahnya yen, pemotongan pajak AS, dan langkah-langkah perusahaan untuk memotong biaya.

"Di AS, pemotongan pajak perusahaan pada 2017 mengakibatkan penurunan pajak penghasilan 291 miliar yen yang mendorong laba bersih," kata Masayoshi Shirayanagi, Managing Director Senior Toyota, seperti dilansir AFP.

Wakil Presiden Eksekutif Koji Kobayashi mengatakan Toyota melihat keuntungan dari pengurangan biaya yang lebih cepat dari perkiraan dirinya.

Pada pengamat juga menunjukkan efek pelemahan yen di industri otomotif Jepang.

"Sejauh ini, nilai tukar menjadi faktor positif bagi industri otomotif Jepang, namun sulit memprediksi apakah dampaknya akan berlanjut karena yen baru-baru ini menguat," kata Satoru Takada, analis TIW yang berbasis di Tokyo.

"Nulai tukar akan tetap menjadi faktor penentu pada industri ini," kata Takada kepada AFP sebelum pengumuman itu.

Komentar

x