Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 00:44 WIB

Jual iPhone Palsu, Pria Ini Peroleh Rp14,9 Miliar

Oleh : - | Selasa, 6 Februari 2018 | 17:30 WIB
Jual iPhone Palsu, Pria Ini Peroleh Rp14,9 Miliar
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, San Francisco - Jianhua Li, seorang warga China berusia 43 tahun yang tinggal di AS dengan visa pelajar, mengaku bersalah atas tuduhan turut serta dalam transaksi jual beli perangkat palsu buatan China, termasuk iPhone dan iPad palsu, pada warga AS.

Kasus ini telah berjalan sejak 2015, ketika Li dituntut dan ditangkap. Selama lima tahun sejak 2009, Li beserta rekan-rekannya, Andreina Becerra, Roberto Volpe, Rosario LaMarca, telah menyelundupkan lebih dari 40 ribu produk dan aksesori dari China ke AS, termasuk iPhone dan iPad palsu.

Tak cuma itu, Li dan komplotannya juga menyelundupkan label dan dokumen lain yang berisi logo dan merek dagang Apple yang telah dipalsukan.

Secara pribadi, Li mampu meraup keuntungan sebesar US$1,1 juta atau sekitar Rp14,9 miliar dari penjualan barang-barang palsu yang dikira pembeli sebagai produk Apple yang asli, demikian lapor The Verge.

Sayangnya, masih belum diketahui berapa banyak yang didapatkan oleh Li, keluarganya di China, dan para rekannya dengan melakukan penjualan barang-barang palsu ini.

Belum diketahui juga apakah operasi tersebut memiliki hubungan dengan operasi manufaktur barang palsu yang marak di China.

Di Negeri Tirai Bambu tersebut, produk Apple memang diminati. Karena itu, tidak heran jika pabrik manufaktur elektronik juga sering membuat barang-barang palsu. Li dengan hati-hati mengirimkan barang palsu yang dijual agar tidak tertangkap.

Li dituduh atas konspirasi penjualan dan penyelundupan produk palsu ke AS. Hukumannya akan diumumkan pada 30 Mei. LaMarca, anggota dari konspirasi ini sudah menerima hukumannya pada Juli tahun lalu. Dia dihukum penjara selama 37 bulan.

Komentar

x