Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 26 April 2018 | 05:17 WIB
 

AMD Raih Keuntungan Besar Sepanjang 2017

Oleh : - | Senin, 5 Februari 2018 | 19:19 WIB
AMD Raih Keuntungan Besar Sepanjang 2017
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Santa Clara - Perusahaan semikonduktor Advanced Micro Devices (AMD) memperoleh keuntungan besar sepanjang 2017 lalu.

Dari laporan keuangan yang diumumkan AMD, tercatat bahwa untuk Q4 2017 perusahaan tersebut memperoleh pendapatan US$1,48 miliar atau sekitar Rp19,9 triliun. Raihan ini tercatat mengalami lonjakan sebesar 34 persen year-on-year ketimbang tahun 2016.

Kemudian untuk total pendapatan tahunan sepanjang 2017, AMD mampu meraup US$5,33 miliar atau sekitar Rp71,9 triliun, tumbuh 25 persen dari pendapatan di tahun lalu. Baik pendapatan di Q4 maupun tahunan di 2017, disebut didorong hasil penjualan dari prosesor dan kartu grafis AMD.

Perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California, AS itu juga melaporkan bahwa segmen Computing and Graphics terus memperoleh penjualan yang meningkat, berbeda dengan segmen Enterprise, Embedded, dan Semi-Custom yang justru menurun.

Q4 2017 menjadi pendapatan kuartal yang membuat bisnis AMD melesat di tahun 2017 dan segmen Computing and Graphics memberikan kontribusi pendapatan senilai US$958 juta atau sekitar Rp11,5 triliun dengan pertumbuhan 60 persen dibandingkan tahun lalu.

Hal tersebut tidak mengherankan, sebab di tahun 2017 AMD memang melakukan banyak inovasi di teknologi konponen prosesor dan kartu grafis. Bahkan banyak pihak beranggapan bahwa 2017 merupakan tahun kebangkitan AMD untuk mulai menggoyahkan dominasi Intel, terutama di bisnis prosesor.

Seperti yang diketahui, pada 2017 lalu, AMD meluncurkan jajaran lini prosesor terbaru dari seri Ryzen yang kemampuan setara dengan deretan prosesor Intel, namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Tak hanya merilis prosesor Ryzen untuk PC, AMD juga menciptakan prosesor Ryzen untuk perangkat laptop, salah satunya AMD Ryzen 7-2700U yang menjadi prosesor tercepat di dunia untuk notebook tertipis.

AMD juga bekerja sama dengan Qualcomm menciptakan prosesor untuk notebook dengan performa yang kencang mengandalkan koneksi internet dari komponen modem LTE Qualcomm Snapdragon.

Dari sisi bisnis kartu grafis, AMD merilis kartu grafis terbaru dengan arsitektur Vega bernama AMD Radeon Vega yang kemudian dipergunakan oleh Apple pada produk PC Mac dan juga Intel. Intel pun menggandeng AMD Radeon RX Vega M sebagai kartu grafis terpisah pada prosesor Intel Generasi ke-8.

Komentar

 
Embed Widget

x