Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 Februari 2018 | 08:51 WIB
 

China Akan Ambil Alih AS Jadi Pasar Terbesar Honda

Oleh : Ikhsan | Sabtu, 3 Februari 2018 | 18:18 WIB
China Akan Ambil Alih AS Jadi Pasar Terbesar Honda
(ist)

INILAHCOM, Tokyo - Honda Motor Co memperkirakan China akan mengambilalih posisi AS sebagai pasar mobil terbesar mereka pada tahun-tahun mendatang, setelah penjualan lebih tinggi di pasar Asia mendorong produsen mobil asal Jepang itu meningkatkan proyeksi laba setahun penuh sebesar 4 persen.

Honda, Toyota Motor Corp, Nissan Motor Co. dan produsen mobil Jepang lainnya sekarang menganggap AS sebagai pasar terbesar. Namun, Honda mengalami pertumbuhan signifikan di China dalam tiga tahun terakhir berkat model baru di segmen sport utility vehicle (SUV) termasuk CR-V dan Vezel. Di Indonesia, Vezel hadir dengan nama HR-V.

Tahun lalu, penjualan mobil di China melonjak 15,5 persen menjadi 1,44 juta unit walaupun pertumbuhan pasar kendaraan melambat menjadi hanya tiga persen per tahun, paling lemah dalam dua dekade belakangan.

Sebaliknya, penjualan di AS, yang selama puluhan tahun menjadi pasar terbesar Honda, justru stagnan di angka 1,64 juta unit kendaraan tahun lalu.

Pertumbuhan yang signifikan tidak mungkin terjadi karena seluruh penjualan kendaraan di AS diperkirakan akan mundur setelah mencapai titik tertinggi pada 2016.

Pada kuartal ketiga, Asia, termasuk China, menjadi satu-satunya wilayah yang mengalami pertumbuhan penjualan kendaraan tahunan untuk merek Honda, sementara penjualan di Jepang, Amerika Utara, Eropa, dan wilayah lainnya turun.

Honda memperkirakan Asia akan melewati Amerika Utara sebagai wilayah dengan penjualan kendaraan tahunan terbesar untuk pertama kalinya tahun ini.

Honda sedang meningkatkan produksi di China, dan Wakil Presiden Eksekutif Seiji Kuraishi mengatakan kenaikan kapasitas yang signifikan akan sulit dilakukan sampai pabrik baru selesai pada 2019 melalui usaha patungan dengan perusahaan China Dongfeng Motor Group.

"Kami berjuang untuk meningkatkan produksi di China, sehingga sulit untuk menyesuaikan penjualan kami di pasar AS saat ini. Tapi, mengingat keadaan pasar saat ini, kemungkinan China akan segera melewati AS," kata Kuraishi kepada wartawan, seperti dilansir Reuters.

Honda berencana meluncurkan mobil listrik kompak bertenaga baterai di China akhir tahun ini, dan Kuraishi mengatakan bahwa mereka juga tengah fokus mengembangkan layanan berbagi mobil dan mobilitas baru lainnya di Negeri Tirai Bambu itu.

Komentar

 
Embed Widget

x