Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 17:50 WIB

Pengguna Aktif Bulanan WhatsApp Capai 1,5 Miliar

Oleh : - | Sabtu, 3 Februari 2018 | 10:10 WIB
Pengguna Aktif Bulanan WhatsApp Capai 1,5 Miliar
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, San Francisco - Layanan chatting WhatsApp menunjukkan pertumbuhan signifikan dengan mencatat 1,5 miliar pengguna aktif bulanan alias monthly active users (MAU).

Angka tersebut meningkat 14 persen dibandingkan MAU pada Juli 2017 yang berjumlah 1,3 miliar. Adapun pengguna aktif hariannya alias daily active users (DAU) berada di kisaran 1 miliar.

Setiap harinya, WhatsApp menangani lebih dari 60 miliar pertukaran pesan antar-penggunanya di seluruh dunia. Pertumbuhan ini diramalkan bakal terus meningkat, seiring penetrasi internet yang semakin luas.

Mengutip TechCrunch, untuk produk 'Story', WhatsApp berada di posisi kedua di bawah Instagram. Keduanya sama-sama layanan yang dimiliki Facebook.

Ironisnya, Snapchat yang menjadi pionir fitur 'Story 'hanya menghimpun 178 juta DAU. WhatsApp Status dan Instagram Stories masing-masing menembus angka 300 juta DAU,

Keputusan Facebook mengakuisisi WhatsApp bisa dikatakan sebagai pilihan bisnis yang cerdas. Kala itu, pada tahun 2014, aplikais pesan itu hanya memiliki 450 juta MAU dan 315 juta DAU.

Facebook yakin terhadap potensi WhatsApp sehingga berani membayar US$19 miliar atau setara Rp253,3 triliun. Ketika itu, banyak yang menganggap Facebook sudah 'gila' karena mau membayar setinggi itu.

Namun hasilnya, hanya dalam kurun waktu sekitar tiga tahun di bawah naungan Facebook, pertumbuhan WhatsApp hampir mencapai empat kali lipat. Facebook pun mulai memonetisasi layanan tersebut dengan merilis 'WhatsApp for Business' beberapa saat lalu.

Facebook pun berencana menarik iuran dari pebisnis untuk bertransaksi, melayani pelanggan, dan menyebarkan informasi broadcast, lewat WhatsApp for Business. Dengan banyaknya audiens WhatsApp, pebisnis bisa melihatnya sebagai peluang.

Komentar

x