Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 08:44 WIB

Rekonstruksi Wajah Gadis Yunani dari 7.000 SM

Kamis, 25 Januari 2018 | 11:11 WIB

Berita Terkait

Rekonstruksi Wajah Gadis Yunani dari 7.000 SM
(ist)

INILAHCOM, Athena - Para ilmuwan merekonstruksi wajah seorang gadis Yunani yang berasal dari 9.000 tahun lalu. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan rupa orang-orang di periode Mesolitikum, sekitar 7.000 SM.

Diberi nama Avgi, sang gadis diyakini berusia antara 15 sampai 18 tahun berdasarkan hasil analisis tulang dan giginya. Rahangnya menonjol, diduga karena mengunyah kulit binatang untuk menjadikannya sebagai kulit yang lebih lunak, yang merupakan praktik umum di kalangan orang-orang era itu.

Pada rekonstruksi itu, wajah Avgi tampak tidak senang. Ekspresinya terlihat marah. Ketika ditanya mengapa dia kelihatan marah, profesor ortodontik Manolis Papagrikorakis, yang membuat rekonstruksi silikon wajahnya dari cetakan terracotta kepalanya, bergurau, "Mustahil bagi dia untuk tidak marah di era semacam itu."

Avgi mungkin anemia dan menderita karena kudisan, kata para peneliti. Bukti-bukti juga menunjukkan adanya masalah pinggul dan sendi, yang mungkin membuatnya susah bergerak dan menyebabkan kematian Avgi, yang rekonstruksinya dipamerkan di Acropolis Museum di Athena, Yunani.

Ditemukan di dalam sebuah gua di daerah Thessaly, Yunani, pada tahun 1993, fosil remaja perempuan itu dinamai Avgi, yang dalam Bahasa Yunani berarti Fajar, karena dia hidup pada masa yang dianggap sebagai fajar bagi peradaban, demikian laporan Reuters.

Komentar

x