Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 20:25 WIB
 

Siap IPO, Xiaomi Target Peroleh Dana US$100 Miliar

Oleh : - | Kamis, 18 Januari 2018 | 01:01 WIB
Siap IPO, Xiaomi Target Peroleh Dana US$100 Miliar
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Beijing - Perusahaan teknologi asal China, Xiaomi, kabarnya tengah mengincar dana segar sebesar US$100 miliar dari penawaran saham umum perdana atau initial public offering (IPO).

Target tersebut menjadi yang terbesar dalam sejarah IPO dari industri teknologi setelah Alibaba Group yang meraup US$25 miliar pada 2014 lalu.

Tak hanya itu, Xiaomi pun diprediksi akan menjadi perusahaan terbesar keenam di bursa efek Hongkong dengan kapitalisasi pasar di belakang grup asuransi AIA.

Mengutip Bloomberg, sebuah sumber terpercaya mengatakan bahwa Xiaomi telah menunjuk perusahaan investasi saham dan perbankan asal AS, Goldman Sachs dan Morgan Stanley, untuk memimpin penjualan saham publik tersebut.

Di bawah kepemimpinan Lei Jun, Xiaomi memasuki pasar global dengan mengembangkan pemasaran di negara berkembang seperti India dan Rusia. Tahun lalu, Xiaomi juga mencoba peruntungan di pasar Eropa dengan Spanyol sebagai negara tujuan pertama.

Perusahaan teknologi China ini juga telah berkonsolidasi dengan operator di AS untuk menjual beragam perangkat besutannya di AS.

Xiaomi mengklaim total penjualannya naik dua kali lipat menjadi 20 miliar yuan atau sekitar Rp41,5 triliun pada tahun 2017.

Ke depannya, Lei Jun memiliki ambisi untuk membuka 1.000 toko ritel Xiaomi Mi Home secara global pada 2019. Dia juga menargetkan pendapatan penjualan mencapai 70 miliar yuan atau sekitar Rp145,2 triliun pada tahun 2021.

Komentar

 
Embed Widget

x