Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 14:49 WIB

Pergantian Tahun, Trafik Layanan XL Meningkat 300%

Kamis, 4 Januari 2018 | 16:30 WIB

Berita Terkait

Pergantian Tahun, Trafik Layanan XL Meningkat 300%
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, JAKARTA - Trafik layanan XL Axiata jelang tahun baru meningkat hingga 300 persen atau tiga kali lipat dibandingkan hari biasanya. Tercatat kenaikan ini ditopang dari trafik data 4G LTE XL yang tercapai saat malam pergantian tahun 2017-2018.

XL menjelaskan kenaikan trafik data kali ini jauh lebih tinggi dari trafik data di malam pergantian tahun 2016-2017 yang hanya mencapai 160 persen. Kenaikan trafik data mulai terlihat sejak tanggal 28 Desember 2017.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya menyebut kenaikan trafik data itu berasal dari konsumsi konten digital para pelanggan seperti akses ke media sosial Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan konten video streaming YouTube.

Menurut dia, berdasarkan hasil pengamatan bahwa secara rata-rata akses ke media sosial meningkat sekitar 60 persen dibandingkan malam biasanya. Akses ke aplikasi WhatsApp tercatat yang paling tinggi kenaikannya, yaitu mencapai 70 persen bahkan hingga 1.000 persen di malam pergantian tahun kemarin.

"Selain akses ke layanan data dan video streaming dan social media menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut, kenaikan trafik yang kami raih juga tidak terlepas dengan semakin nyamannya pelanggan menggunakan layanann 4G LTE di berbagai daerah," jelas Yessie.

Dia mengatakan, XL hingga akhir Desember 2017 telah menjangkau 360 kota dengan layanan internet berkecepatan tinggi. Alhasil akses ke konten-konten digital seperti video dan film semakin tinggi dan ramai.

Selain itu XL juga mencatat beberapa daerah dengan lonjakan trafik tertinggi. Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat menyumbang lonjakan tertinggi dengan 29 persen dan 21 persen.

Untuk wilayah kota besar lainnya seperti Medan meningkat sekitar 5 persen, Makassar 4 persen, Palembang 21 persen, Pontianak 22 persen dan Lampung 22 persen. Sementara itu, di daerah tujuan wisata utama Bali, terjadi lonjakan sebesar 24 persen, Yogyakarta 27 persen, dan Bandung 13 persen.

Komentar

Embed Widget
x