Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 16:41 WIB
 

Review Smartphone

ASUS ZenFone 4 Selfie: Bukan Sekedar untuk Swafoto

Oleh : Ibnu Naufal | Jumat, 1 Desember 2017 | 06:35 WIB
ASUS ZenFone 4 Selfie: Bukan Sekedar untuk Swafoto
(Foto: inilahcom)

ASUS Indonesia baru-baru ini melepas produk dari lineup ZenFone 4 yang hadir dengan spesifikasi serta berbagai fitur baru. Di samping tengah melancarkan strategi marketing produk tersebut, Salah satu yang dihadirkan adalah smartphone yang menjadikan fitur selfie sebuah aktivitas yang sudah dialih bahasakan secara resmi ke bahasa Indonesia menjadi swafoto sebagai senjata pamungkasnya yakni seri ZenFone 4 Selfie.

Hadir dalam dua produk ZenFfone 4 Selfie serta ZenFone 4 Selfie Pro. Kini di meja pengujian INILAHCOM telah ada salah satu produk tersebut untuk siap diuji coba dan dibahas lebih lengkap mengenai fitur dan keunggulan yang dimilikinya yakni versi ZenFone 4 Selfie.

Sesuai dengan namanya, smartphone ini memiliki keunggulan utama pada dual kamera depan untuk menunjang para penggunannya yang hobi swafoto. Dipadukan dengan spesifikasi hardware unggulan apakah smartphone ini ditujukan hanya untuk para pennggila selfie saja? mari kita simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi yang ditawarkan smartphone selfie ini.

Paket Penjualan

Di dalam paket penjualannya, ASUS ZenFone 4 Selfie dilengkapi dengan headset, softcase, aksesoris charger dan kabel USB, buku panduan, serta kartu garansi. INILAHCOM sudah melakukan unboxing untuk mengetehui lebih jelas simak video atau artikel: Apa Saja Paket Penjualan ASUS ZenFone 4 Selfie?.

Desain dan Layar

Pada sektor desain, ZenFone 4 Selfie menggunakan material aluminium alloy yang dibalut dengan bahan polycarbonate ditambah mendapatkan sentuhan metalik di tahap akhir memberikan kesan yang kuat sekaligus elegan. meski menjadikannya agak sedikit licin untuk digenggam.

Meski begitu dengan dimensi 155.7 x 75.9 x 7.9 mm serta bobot hanya 144 gram, menggenggam smartphone ini terasa lebih tipis dan mungkin terasa lebih ringan namun jika ingin lebih berhati-hati ASUS sudah menyediakan softcase transparan dengan bahan yang lembut cukup untuk melindungi body ponsel tanpa mengurangi keindahan dari bodi mewahnya.

Secara umum, desainnya memang mirip dengan smartphone kebanyakan tetapi dengan kesan yang sedikit berbeda.

Pada tepi kiri ponsel terdapat slot SIM1/SIM2 Nano mendukung 4G LTE dan terdapat slot microSD card terpisah (non hybrid). Sedangkan di tepi kanan terdapat dua tombol untuk mengatur volume dan daya on/off.

Lalu pada casing belakang terdapat kamera belakang dan juga LED Flash dengan frame yang sederhana dan dipercantik dengan penempatan logo ASUS di bagian tengah bodi belakang.

Sementara pada bagian depan ASUS meletakkan sensor pemindai sidik jari diapit tombol sentuh back dan multitasking. Sensor ini bisa membaca sidik jari yang terekam tanpa banyak kendala.

Sebelum memakainya, pastikan jari Anda tidak berkeringat karena ujung jari yang sedikit basah bisa membuat sensor jadi tidak akurat. Pastikan juga sensor tidak kotor.

Tepat di bagian atas layar, terdapat seperti LED notifikasi, dua kamera depan, sensor proximity, dan juga earpiece dengan sisi atasnya terdapat jack audio 3,5mm.

Membawa dukungan layar sentuh seluas 5.5 inch yang memenuhi 70.6% keseluruhan bodi, smartphone ini menampilkan kualitas warna lumayan bagus meski hanya menampilkan resolusi sekelas HD 720 x 1280 pixels, yang memiliki kerapatan mencapai 267 ppi.

Disamping itu, layar yang diusung Zenfone Selfie pun memiliki teknologi IPS yang menawarkan viewing angle lebih luas. Tampilan layarnya sendiri mempertahankan tampilan antar muka khas Zenfone yang telah diperbarui yakni ASUS Zen UI 4.0.

Menurut kami tampilan antarmuka dari ASUS ini hadir dengan tampilan yang unik dan ramah digunakan dibandingkan dengan tampilan UI lainnya.

Performa dan baterai

Berjalan pada sistem operasi Android 7.1 Nougat, Zenfone 4 Selfie juga memiliki dukungan hardware yang cukup menjanjikan.

ASUS membekali Zenfone 4 Selfie ini dengan otak chipset Qualcomm Snapdragon 430 CPU octa core 1,4 GHz. Kemampuan pemrosesan itu ditopang oleh GPU Adreno 505 450 Mhz, RAM 4GB dan internal storage 64GB, yang bisa ditambahkan sendiri menggunakan microSD card hingga kapasitas 2TB. Cukup lega dan lapang untuk Anda yang membutuhkan smartphone dengan ruang penyimpan yang besar.

Spesifikasi tersebut menunjukkan kinerja sistem yang mulus, tanpa ada kendala berarti. Sepanjang pemakaian, kami bisa mengoperasikan berbagai game, aplikasi produktivitas, media sosial, aplikasi edit foto, e-mail, pesan instan dan lainnya dengan lancar.

Semua game yang dimainkan tidak menunjukkan adanya kendala kinerja. Perubahan bertransisi dari satu adegan ke adegan lain dengan lancar, tidak terjadi lag atau freeze, permainan bisa dikendalikan dengan mudah.

Selain games, kami juga mencoba memakai ZenFone 4 Selfie ini untuk menjelajah web, media sosial, dan berbagai aplikasi produktivitas. Semua hal tersebut bisa berjalan lancar tanpa gangguan berarti.

Dengan performa yang cukup handal lalu bagaimana dengan kinerja baterai yang disokong dengan kapasitas 3.000 mAh?. Saat pengujian seperti yang dilakukan diatas kami menggunakannya hampir seharian tanpa di charge yang artinya kinerja baterai ZenFone 4 Selfie cukup baik yang disayangkan adalah baterainya tidak mendukung fitur fast charging.

Untuk itu biasanya kami melakukan pengisian ulang daya pada malam atau dini hari dan mulai menghentikannya pada pukul lima atau enam pagi.

Berikut ini kami sertakan benchmark dari AnTuTu,3Dmark dan Geekbench 4 pro sebagai referensi tambahan mengenai kinerja dan daya tahan baterai ASUS Zenfone 4 Selfie.

(Uji Geekbench dalam durasi 3 Jam baterai tersisa 58%)

Daya tarik Kamera Depan

Sesuai dengan namanya, smartphone ini memiliki keunggulan utama pada sektor kamera depan. Pada Kamera selfie yang merupakan kamera ganda dengan sensor beresolusi 20 MP, f/2.0, 31mm standar camera sensor + 8 MP, 12mm wide angle sensor yang sudah dilengkapi lensa 6P ini pastinya akan bisa memaksimalkan performa dan kualitas yang dihasilkan.

Pada kamera depan ini, pengguna bisa mengambil foto secara wide angle hingga 120 derajat dan memiliki hasil yang lebih luas hingga 200%

Sementara untuk kamera belakang, ASUS menanamkan satu unit lensa beresolusi 16 MP dengan sudut 80 derajat.

Dukungan pixelmaster ASUS ZenFone 4 Selfie yang melimpah sangat membantu dengan adanya modus mulai dari Auto, Beauty, GIF, Portrait, Selfie Panorama / Panorama, Time lapse, Pro, Super resolution. Buat memotret dalam kondisi gelap, smartphone ini dilengkapi LED RealTone Flash yang memiliki pencahayaan baik dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Untuk hasil tangkapan kamera ASUS ZenFone 4 Selfie bisa dilihat dibawah ini.

Kamera Depan

(Portrait Mode)

(Non Portrait Mode)

Kamera Belakang

(Mode Pro Manual)

(Mode Auto HDR)

(Portrait Mode)

Detil Spesifikasi

Model

ZenFone 4 Selfie (ZD553KL)

Display, Resolution

5.5-inch IPS display, 400nits brightness, Front 2.5D curved glass display, 1.65mm slim bezel, Bluelight filter for eye care, capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports glove touch)

SoC Processor

CPU

Qualcomm Snapdragon 430 Mobile Platform with 64-bit Octa-core 1,4GHz Processor

GPU

Qualcomm Adreno 505

Memory

RAM / Storage

LPDDR3 4GB / eMCP 64GB, microSD card up to 2TB, 100GB Google Drive free for 1 year

Camera System

Front

Camera 1 (main)


Resolution: 20MP

Sensor: Omnivision 20880 / 1.0m pixel

Aperture: f/2.0

Focal length / field of view: 31mm/69

Front

Camera 2 (wide-angle)


Resolution: 8MP

Sensor: Omnivision 8856 / 1.12m pixel size

Aperture: f/2.4

Focal length / field of view: 12mm/120

Rear camera

Resolution: 16MP

Sensor: Omnivision 16880 / 1.0m pixel size

Aperture: f/2.2

Focal length / field of view: 12mm/80

Camera feature

PixelMaster 4.0 camera mode:
Auto mode with HDR Pro features / Pro mode / Beauty mode / Portrait / Super Resolution / Panorama / GIF Animation / Time Lapse / Slow Motion

SelfieMaster: Photo beautification / Video beautification / BeautyLive / Collage / Slideshow

Wireless

WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, Wi-Fi direct

Sensor

Front fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor

SIM card and SD slot

Triple Slots: Dual SIM + MicroSD card

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time.

Slot 3: Supports up to 2TB MicroSD card

Network

GSM Band 2, 3, 5, 8, WCDMA Bands 1, 5, 8, FDD-LTE Band 1, 3, 5, 7, 8, 20, TD-LTE Band 40. LTE Cat4: UL/DL 50/150Mbps, DC-HSPA+: UL/DL 5.76/42Mbps

GPS

GPS, AGPS, GLO, BDS

OS

Android Nougat 7.1.1 with new ASUS ZenUI 4.0

Battery

Non-removable 3.000mAh capacity

Audio / Microphone

5-magnet speaker for louder sound and less distortion, Audio CODEC integrated into PMIC, Dual internal mic with ASUS Noise Reduction Technology, FM radio

Size / Weight

155.66 x 75.9 x 7.85mm / 144 gram

Color

Deepsea Black, Rose Pink, Sunlight Gold

Price

Rp3.499.000

Kesimpulan

Dibandrol dengan harga Rp. 3.499.000, ASUS ZenFone 4 Selfie jika di posisikan melawan kompetitor seperti OPPO F5 dan Vivo V7+ bisa dikategorikan sebagai smartphone selfie paling terjangkau dengan hasil foto yang cukup memuaskan.

Melakukan swafoto menjadi lebih berkualitas berkat adanya dual kamera depan beresolusi 20 MP+8MP menjadikan portrait mode alias bokeh yang mumpuni. Selain itu pula foto objek di dalam ruangan ataupun luar ruangan juga cocok menggunakan smartphone ini, selain juga terdapat kamera 16MP di kamera utamanya, disisi lain performa sekaligus pemakaian baterai yang juga cukup menjanjikan kehandalannya.

Menurut kami ZenFone 4 Selfie bukan cuma smartphone yang handal untuk Swafoto namun cocok untuk anda yang memperhatikan kekuatan daya tahan baterai, Performa serta Kualitas kamera yang pantas anda gunakan untuk menemani kegiatan eksis anda sepanjang hari.

Kelebihan

+ Hasil foto kamera depan dan belakang sangat baik

+ Mode foto lengkap

+ Daya tahan baterai sangat baik

+ Triple card slot

Kekurangan

- Resolusi layar 720p

- Tidak ada fast charging

Komentar

 
Embed Widget

x