Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 08:45 WIB

Iran Kini Tak Lagi Larang Penggunaan Facebook?

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Kamis, 12 September 2013 | 01:23 WIB
Iran Kini Tak Lagi Larang Penggunaan Facebook?
(istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Teheran - Seluruh kabinet Iran nampaknya mulai membuka arah keterbukaan internet yang lebih baik di negara tersebut, dimulai dari Facebook.

Facebook diblokir di republik Islam itu. Namun kini halaman Facebook dari 15 menterinya bisa dilihat melalui proxy server. Saeed Leilaz, seorang analis politik Iran mengatakan bahwa Iran mungkin akan memulai pencabutan filter Internet yang memblokir situs-situs tertentu.

"Filter di Facebook pasti akan diangkat, dan kita akan menyaksikan penghapusan filter (di sisa) Internet," katanya.

Presiden baru Iran Hasan Roudani menjanjikan keterbukaan dan transparansi selama kampanye Presiden pada Juni 2013, bergerak untuk menunjukkan bahwa pemerintahannya memandang ke arah media sosial demi mendorong kebijakannya.

Iran memberlakukan larangan Facebook setelah terpilihnya kembali mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad pada 2009, saat itu lawan politiknya menggunakan media sosial untuk melancarkan protes, seperti dinukil AP.

Pada awal 2012, pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, mengeluarkan perintah bahwa Facebook bisa saja diperbolehkan jika tidak digunakan untuk tujuan merusak atau tujuan yang buruk. [ikh]

Komentar

x