Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 02:41 WIB

Kalah Sidang, Google Bayar Microsoft US$14 Juta

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Jumat, 6 September 2013 | 15:23 WIB
Kalah Sidang, Google Bayar Microsoft US$14 Juta
(istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Seattle - Microsoft mengatakan bahwa mereka memenangkan hak paten trial mereka di pengadilan federal di Seattle, AS terkait lisensi paten di Motorola yang telah diakuisisi Google.

Jaksa dikabarkan setuju dengan Microsoft yang mengklaim bahwa Motorola melanggar perjanjian dengan badan pengatur standar untuk lisensi paten tertentu.

Juri menghendaki Google untuk memberi ganti rugi senilai US$14 juta karena kerugian ini, atau setengah dari jumlah awal yang diminta Microsoft, seperti diwartakan Reuters.

Angka tersebut terdiri dari US$11 juta untuk biaya relokasi gudang di Jerman, karena sebuah perintah di produk Microsoft tertentu yang dibawa oleh Motorola di negara tersebut. Sementara US$3 juta sisanya karena pelanggaran hukum.

"Ini menandai kemenangan bagi semua orang yang ingin produk yang terjangkau," ungkap Microsoft.

"Kami kecewa dengan hasil ini tetapi berharap untuk melakukan banding terhadap masalah hukum yang dibesarkan dalam kasus ini," balas pihak Motorola.

Perselisihan hukum serupa di pengadilan memang banyak terjadi diantara para perusahaan besar. Samsung dan Apple adalah dua perusahaan yang juga sering menyatakan klaim atas teknologi yang diusungnya masing-masing.

Lebih khusus, Microsoft juga masih memiliki masalah dengan Google untuk memastikan bahwa pembuat perangkat yang menggunakan sistem operasi ponsel Android secara gratis, mau membayar Microsoft pada biaya lisensinya yang dipercaya banyak melanggar paten Microsoft.

Samsung, LG, dan HTC bahkan telah setuju untuk membayar royalti pada Microsoft dari perangkat Android yang dipercaya Microsoft melanggar patennya. [ikh]

Komentar

x