Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 08:37 WIB

IFA 2013

Pembuat Prosesor Qualcomm Juga Hadirkan Smartwatch

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Kamis, 5 September 2013 | 15:05 WIB
Pembuat Prosesor Qualcomm Juga Hadirkan Smartwatch
(ubergizmo.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Berlin - Sony terlebih dahulu menghadirkan smartwatch bernama Smartwatch 2, kini Samsung dan Qualcomm pun menyusul dengan Galaxy Gear dan Toq. Siapa berikutnya?

Kejutan dibuat Qualcomm, yang selama ini dikenal sebagai pembuat prosesor, menjadi produsen berikutnya bersama Samsung menghadirkan smartwatch di ajang IFA 2013 di Berlin, Jerman.

Jam tangan pintar Qualcomm yang dinamakan Toq ini bisa tersambung dengan smartphone lewat koneksi Bluetooth dan memungkinkan pengguna untuk melihat pesan teks, call log, dan notifikasi lainnya.

Untuk saat ini, Toq hanya bekerja dengan perangkat yang menjalankan Android 4.0.3 atau lebih tinggi. Uniknya, Qualcomm juga tengah mempertimbangkan untuk menambahkan dukungan iOS.

Toq dijejali dengan OS tersendiri buatan Qualcomm, dengan teknologi tampilan yang disebut Qualcomm sebagai 'Mirasol'. Teknologi ini akan mengilangkan pantulan cahaya mengganggu di bawah sinar matahari langsung.

Tampilannya akan selalu aktif seperti jam tangan konvensional, tanpa tombol on/off. Sementara baterainya ditempatkan di dalam talinya. Pengisian dayanya menggunakan sistem nirkabel melalui sebuah dock khusus yang disertakan dalam pembelian, berikut sebuah Bluetooth headphone.

Qualcomm telah menerima pesanan pre-order dengan harga yang dibanderol sebesar US$300, dengan pengiriman yang akan dimulai pada 10 Oktober 2013, seperti dilansir Ubergizmo.

Hanya saja jawara prosesor ini mengatakan bahwa mereka hanya akan menjual Toq dalam jumlah terbatas. Mereka mengatakan tidak ingin menjadi perusahaan elektronik dengan produk yang dijual secara komersial.

Sepertinya Qualcomm hanya ingin menunjukkan pada dunia bahwa teknologi mereka sudah setara dengan perusahaan besar seperti Samsung, Sony, bahkan Apple dan Google yang disebut juga akan menghadirkan smartwatch. [ikh]

Komentar

x