Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 06:40 WIB

Proyek Balon Udara 'Project Loon'

Google Siapkan WiFi Gratis di Seluruh Dunia

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Minggu, 16 Juni 2013 | 14:15 WIB
Google Siapkan WiFi Gratis di Seluruh Dunia
gizmodo.com
facebook twitter

INILAH.COM, Christchurch - Google ingin menggunakan balon udara untuk menjangkau seluruh bagian dunia dengan jaringan internet WiFi.

Para pendaki gunung, penjelajah hutan, atau penyuka petualangan lainnya kini tak perlu lagi takut tersesat atau terjebak di tengah perjalanan. Google ingin mengubah semua ketakutan itu dengan menjangkau seluruh bagian dunia dengan jaringan internet WiFi.

Konsepnya adalah Google ingin menerbangkan balon udara setinggi 60 ribu kaki di atas permukaan laut sehingga seluruh dunia dapat terjangkau internet.

Rencana yang sangat radikal? Ya. Bombastis? Ya. Bahkan Google menyebut proyek ini sebagai proyek yang cukup gila. Mereka menyebutnya Project Loon.

Project Loon adalah sebuah proyek untuk menerbangkan ratusan hingga ribuan balon udara bertekanan tinggi untuk mengitari bumi dan memberikan layanan internet ke seluruh penduduk di muka bumi, seperti dinukil Gizmodo.

Project Loon adalah proyek utama dari Google X Lab, tim yang juga membesut mobil berjalan sendiri dan kacamata revolusioner Google Glass. Nantinya balon udara tersebut dapat terbang secara alami dan juga dapat dikontrol secara manual oleh Google.

Balon tersebut bakal dibawa angin pada ketinggian dua kali dari ketinggian rata-rata pesawat terbang dengan layanan internet berkecepatan 3G, atau bahkan lebih cepat. Google memulai proyek itu di Selandia Baru dengan 50 balon udara di ketinggian 12 mil.

Simak konsep proyek tersebut dengan mengkliknya di sini dan di sini. Ada yang mau update Twitter dari tengah hutan, gunung atau Kutub Utara, mungkin? [mor]

Komentar

x