Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 18:17 WIB

Mazda RX-01, Penerus RX-7 Hanya Jadi Sejarah

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Senin, 8 April 2013 | 17:31 WIB
Mazda RX-01, Penerus RX-7 Hanya Jadi Sejarah
Jalopnik
facebook twitter

INILAH.COM, Hiroshima - Mazda yang dikabarkan tengah menyiapkan versi baru dari RX-7 yang legendaris, ternyata pernah membuat mobil penggantinya beberapa tahun silam sebelum kehadiran dari RX-8.

Mazda baru-baru ini dilaporkan tengah mengembangkan penerus RX-7 untuk menggantikan RX-8 yang tidak sesukses pendahulunya tersebut.

Mazda mengungkapkan bahwa mereka tengah menunggu perbaikan situasi ekonomi terlebih dahulu sebelum berinvestasi membuat versi baru dari RX-7, berikut pengembangan mesin rotary barunya.

Mazda RX-7 memiliki sejarah evolusi menarik dan sering disebut menjadi salah satu mobil sport terbaik yang pernah dibuat di dunia.

Namun pengembangannya terhenti segera setelah konsumen beralih dari mobil sport karena buruknya situasi ekonomi di Jepang, beberapa tahun silam.

Pada 1995, tepat ketika produksi RX-7 akan dihentikan di AS, ternyata Mazda sempat membuat mobil konsep penerus dari RX-7 yang disebut RX-01, seperti dilansir Jalopnik.

Mobil ini bukanlah cikal bakal dari RX-8, tetapi secara keseluruhan memiliki konsep terlihat banyak mengambil dari desain RX-7 sebelum akhirnya Mazda lebih memilih menghadirkan RX-8.

Hanya mesinnya yang disebut menjadi cikal bakal dari RX-8. Mesin yang digunakan pada RX-01 adalah penampilan publik pertama dari mesin rotary Mazda generasi berikutnya, 13B-MSP, yang pertama kali dipamerkan pada Tokyo Motor Show 1995.

Desainnya terlihat seperti terinspirasi dari Mazda MX-6, namun bentuk pintunya terlihat jelas seperti RX-7. Secara keseluruhan desainnya lebih kecil dan lebih ringan daripada RX-7 namun jauh lebih atraktif dari RX-8.

Namun krisis keuangan yang terjadi di Mazda dan kurangnya minat konsumen pada segmen mobil sport di zaman itu menakdirkan RX-01 hanya menjadi sejarah.

Menariknya, banyak yang berpendapat Mazda akan lebih sukses jika akhirnya lebih memilih RX-01 ketimbang akhirnya menghadirkan RX-8 yang tidak cukup sukses di pasaran.

Anda dapat melihat test ride dari Mazda RX-01 tersebut dalam video di tautan berikut.[mor]

Komentar

x