Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 01:01 WIB

NASA Siapkan Misi Baru Berburu Planet Mirip Bumi

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Senin, 8 April 2013 | 17:55 WIB
NASA Siapkan Misi Baru Berburu Planet Mirip Bumi
(Foto: space.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Washington - NASA meluncurkan misi ringan biaya yang bertujuan mencari sejumlah planet baru, terutama yang memiliki kemiripan dengan Bumi.

Misi berburu planet yang berada di bawah program NASA Astrophysics Explorer ini dijadwalkan akan diluncurkan pada 2017.

NASA akan menggunakan TESS (Transiting Exoplanet Survey Satellite) untuk melakukan semua survei di angkasa.

Satelit ini memungkinkan untuk dapat mengamati langit dengan cakupan 400 kali lebih luas dibanding yang dilakukan pada misi-misi sebelumnya.

Nantinya, diharapkan misi ini dapat mengidentifikasi ribuan planet baru di sistem tata surya kita, dan akan memfokuskan untuk mencari planet yang berukuran mirip seperti Bumi.

Satelit TESS akan didukung oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan Google. Google disebut akan membantu pendanaan pengembangan dari wide-field digital camera yang digunakan oleh satelit ini, demikian yang dinukil dari SPACE.COM

Satelit TESS ini nantinya akan memindai exoplanet yang mengorbit di dekat sejumlah bintang dengan cahaya terang.

Satelit ini ternyata menggunakan teknik serupa seperti yang digunakan teleskop Kepler, namun dengan cakupan yang lebih luas. Kepler sebelumnya berhasil mengidentifikasi hingga 2.700 exoplanet hingga saat ini.

Misi satelit ini menjadi bagian integral dari fokus utama NASA untuk menemukan planet baru yang memiliki kemiripan dengan dunia yang kita tinggali sekarang, dalam upaya untuk menemukan tanda-tanda dari organisme yang hidup di tempat lain yang ada di alam semesta ini. [ikh]

Komentar

Embed Widget
x