Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 21:12 WIB

Digelar, Kontes Menamai Planet 'Sepupu' Bumi

Oleh : Ikhsan S. Nathabradja | Kamis, 28 Maret 2013 | 21:31 WIB
Digelar, Kontes Menamai Planet 'Sepupu' Bumi
huffingpost
facebook twitter

INILAH.COM, San Francisco - Sebuah perusahaan swasta menggelar kontes yang cukup unik, yakni kontes mencari nama baru untuk sebuah planet. Seperti apa?

Perusahaan bernama Uwingu ini memutuskan untuk mencari nama baru bagi planet bernama Alpha Centauri Bb. Planet yang kerap dianggap sebagai 'sepupu' dekat Bumi tersebut memiliki permukaan berbatu dan berjarak 4,3 tahun cahaya dari planet yang kita diami ini.

"Nama Alpha Centauri Bb adalah sebutan bagi para astronom yang terdengar cukup membosankan di telinga kebanyakan orang. Sekarang, mari kita lihat, nama apa yang diinginkan penduduk Bumi untuk planet sepupu terdekat," kata CEO Uwingu, Alan Stern, yang juga mantan peneliti NASA.

Menurut Stern, kontes ini merupakan cara baru menyatukan penduduk Bumi dari berbagai rentang usia dan negara dalam penemuan eksoplanet. "Juga untuk mendanai penelitian dan pendidikan luar angkasa dalam prosesnya," imbuhnya.

Alpha Centauri Bb ditemukan pada Oktober 2012 dan dinyatakan terlalu panas untuk menampung kehidupan. Planet ini berada di sistem Alpha Centauri yang merupakan sistem terdekat dengan Matahari kita.

Peserta kontes ini dipungut biaya sebesar US$4,99 atau sekitar Rp48 ribu. Pihak Uwingu menyatakan dana yang terkumpul akan digunakan untuk mendanai eksplorasi ruang angkasa, pendidikan, dan riset.

Kontes yang dibuka pada 19 Maret ini akan berakhir pada 15 April 2013. Para pemenangnya akan menerima plakat dan beberapa materi lain, seperti berlangganan gratis majalah astronomi selama satu tahun.

Dilansir HuffingtonPost, sejak kontes ini dibuka sudah ada beberapa nama usulan yang telah masuk ke meja panitia. Beberapa di antaranya adalah Adalia, Bakich, Carbonia, Degenhardt, Enkidu, Fanelia, Ghandi, Heinlein, Ionus, Jodrell, Kepler, Lanador, Mandella, Namaste, Outpost, Pantheon, Queloz, Requiem, Serenity, Thanagar, Uhuru, Vulcan, Wookiee, Xenorbia, Yoda, dan Zappa.

Anda punya usulan nama lain untuk planet ini? Langsung saja ikuti kontesnya di sini.

Komentar

Embed Widget
x