Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 21:07 WIB

Honda Jepang Hadirkan Inovasi Cat Ramah Lingkungan

Oleh : Wahyu Perdana Putera | Jumat, 14 Desember 2012 | 17:02 WIB
Honda Jepang Hadirkan Inovasi Cat Ramah Lingkungan
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Tokyo - Honda Motor Company di Jepang mengumumkan nahwa mereka telah mengembangkan proses Honda Smart Ecological Paint.

Sebuah teknologi pengecatan yang sangat fungsional untuk menghilangkan proses middle-coating dari proses pengecatan 4-coat/3-bake di bodi kendaraan yang umum digunakan dengan menggantinya menggunakan proses 3-coat/2-bake yang memakai air. Demikian dilaporkan JapanToday.

Secara konvensional, menghilangkan proses middle-coating akan membatasi warna yang dapat digunakan. Namun, Honda mengatakan ini adalah tantangan untuk mengembangkan bahan yang fungsional untuk lapisan warna cat dasar yang digunakan dalam proses pelapisan akhir.

Bahan ini digunakan untuk warna dasar lapisan cat yang memungkinkan untuk menggunakan warna apapun untuk cat eksteriornya, ini pertama kalinya industri otomotif menggunakan proses 3-coat/2-bake.

Selain itu, Honda juga akan memperkenalkan sistem cat dinding menggunakan sebuah robot yang dapat dengan cepat membersihkan tempat pengecatan.

Hal ini meningkatkan peningkatan dalam efisiensi pengecatan produknya dengan sangat signifikan, pengurangan jumlah bahan cat dan penurunan sekitar 40% dari tahap pengecatan dibanding sebelumnya.

Hasilnya jumlah karbondioksida yang dipancarkan selama proses pengecatan berlangsung juga akan berkurang hingga 40%. [ikh]

Komentar

x