Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 11:45 WIB

Umur Manusia Semakin Panjang, Namun Sakit-sakitan

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Jumat, 14 Desember 2012 | 15:35 WIB
Umur Manusia Semakin Panjang, Namun Sakit-sakitan
USAToday
facebook twitter

INILAH.COM, London - Studi terbaru mengungkap bahwa umur manusia di seluruh dunia semakin panjang, namun sakit-sakitan. Seperti apa?

Seperti dikutip dari USAToday, hampir di mana pun di seluruh dunia, orang-orang kini hidup lebih panjang. Namun seiring kehidupan modern perkotaan yang polutif, membuat kesehatan mereka semakin rentan.

Studi komprehensif terakhir yang dilakukan adalah pada tahun 1990 dan masalah utama saat itu adalah kesehatan balita di bawah lima tahun. Semenjak itu kampanye terhadap isu-isu tersebut dilakukan, sehingga angkanya menurun.

Kurang nutrisi dulu merupakan isu utama bagi anak-anak, kini di mana pun (kecuali di Afrika) kasus obesitas malah lebih besar dari kelaparan.

Penelitian tersebut mengatakan bahwa masalah tekanan darah, alkohol dan rokok kini merupakan isu besar kesehatan saat ini.

"Kontributor terbesar isu kesehatan global saat ini adalah bukan kematian prematur, namun penyakit-penyakit kronis dan kondisi mental," ujar salah satu pimpinan studi ini, yakni Christopher Murray, Dirut dari Institute of Health Metrics and Evaluation di University of Washington. [ikh]

Komentar

Embed Widget
x