Find and Follow Us

Sabtu, 18 Januari 2020 | 08:25 WIB

Tidak Mau Ikuti Jejak HTC

Samsung Tetap Tolak Berdamai dengan Apple

Oleh : Ikhsan S. Nathabradja | Jumat, 16 November 2012 | 20:02 WIB
Samsung Tetap Tolak Berdamai dengan Apple
digitaltrends
facebook twitter

INILAH.COM, Seoul - Raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung, tampaknya tak akan mau melakukan proses negosiai menyelesaikan masalahnya dengan Apple seperti yang dilakukan HTC.

Kepala Divisi Ponsel Samsung, Shin Jong-kyun, mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mengikuti jejak HTC yang memilih 'berdamai' dengan Apple dengan membayar lisensi paten.

"Mungkin benar bahwa HTC telah setuju untuk membayar 300 miliar Won (US$276 juta) untuk Apple, tapi kami tidak berniat (bernegosiasi) sama sekali," kata Shin kepada media lokal Yonhap News, seperti dikutip oleh TheNextWeb.

Seperti diketahui, HTC menyetujui membayar lisensiUS$6 sampai US$8 kepada Apple dari setiap penjualan ponsel miliknya dalam jangka waktu hingga 10 tahun ke depan.

Sejak 2010, Apple terlibat dalam pertempuran hak paten dengan beberapa produsen smartphone berbasis Android termasuk Samsung dan HTC.

Bahkan mantan CEO Apple dan co-founder Apple, mendiang Steve Jobs, pernah berjanji berperang melawan sistem operasi dari Google yaitu Android dan mitra produsennya yang dikatakan secara terang-terangan meniru iPhone.

Hasil dari negosiasi antara Apple dan HTC secara tidak langsung meningkatkan kemungkinan Apple memenangkan pertarungan serupa. Tetapi Samsung memiliki posisi yang lebih kuat jika dibandingkan dengan HTC.

Menurut Shin, Samsung memiliki pangsa pasar lebih besar ketimbang HTC dan telah memenangkan beberapa keputusan terhadap Apple. Samsung juga merasa bahwa mereka sama sekali tidak melanggar hak paten yang dimiliki oleh Apple.

Kedua produsen raksasa smartphone dan tablet tersebut memang terlibat beberapa sengketa hak paten di beberapa negara termasuk kawasan Eropa dan AS. [mor]

Komentar

x