Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 14:36 WIB

iPad 4 Miliki GPU PowerVR SGX 554 Quad-Core

Oleh : Ikhsan S. Nathabradja | Minggu, 4 November 2012 | 08:49 WIB
iPad 4 Miliki GPU PowerVR SGX 554 Quad-Core
arstechnica
facebook twitter

INILAH.COM, California - Tablet baru besutan Apple, iPad 4 atau yang bernama resmi iPad with Retina Display diklaim memiliki kecepatan dua kali lipat ketimbang New iPad atau iPad 3. Hal tersebut dikarenakan penggunaan prosesor dalam dapur pacunya.

iPad 4 disematkan prosesor A6X yang disebutkan memiliki ukuran 30% lebih besar dari prosesor A6 yang disematkan pada iPhone 5. Untuk mengilustrasikan perbedaannya, skor GFlops untuk iPad 4 pada clock 300MHz menjadi 76,8 sedangkan iPad 3 mencapai 38,4.

Dilansir PhoneArena, ukuran yang lebih besar ini disebabkan Apple menambah core pemrosesan grafis di dalam prosesor A6X. Jika prosesor A6 memiliki graphics processing unit (GPU) dengan tigacore, maka A6X sudah ditambah menjadi empat core (quad-core). Apabila dilihat melalui mikroskop, keempat core GPU tersebut masing-masing dibagi menjadi sembilan sub-core.

Meskipun prosesor grafisnya (GPU) lebih besar, namun untuk central processing unit-nya (CPU) A6X memiliki ukuran yang sama dengan A6 (sama-sama berkekuatan dual-core).

Seorang analis menyatakan bahwa kecepatan grafis iPad 4 memang lebih unggul dari pendahulunya dikarenakan GPU PowerVR SGX 554 di dalam A6X. Chip ini juga menggandakan interface SDRAM pada A6.

Komentar

x