Find and Follow Us

Rabu, 22 Januari 2020 | 06:08 WIB

Sang Macan dari Porsche Hadir Tahun Depan

Oleh : Ikhsan S. Nathabradja | Rabu, 24 Oktober 2012 | 19:01 WIB
Sang Macan dari Porsche Hadir Tahun Depan
Porsche Macan Concept - inautonews
facebook twitter

INILAH.COM, Stuttgart - Selain varian Cayenne, produsen mobil sport Porsche juga dikabarkan akan membesut mobil berjenis SUV lainnya yang disebutkan akan bernama Porsche Macan. Seperti apa?

Mobil ini akan dibangun dengan menggunakan platform yang sama dengan Audi Q5.Meskipun memiliki platform yang sama, namun Porsche Macan dan Audi Q5 memiliki sejumlah perbedaan. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala R&D Porsche Wolfgang Hatz.

"Segalanya sudah dimodifikasi, baik itu mesin, transmisi, hingga suspensinya. Semuanya baru. Bahkan pihak Audi pun tidak percaya dengan apa yang sudah kami lakukan," papar Hatz kepada Autocar, seperti dikutip oleh Inautonews.

Hatz juga memberikan kabar segar lainnya yaitu Macan akan menjadi mobil modern pertama Porsche yang menggunakan dapur pacu empat-silinder.

Namun mesin ini tidak akan disematkan untuk Macan generasi pertama. Baru pada generasi berikutnya Macan akan menggunakan mesin jenis ini, kata Hatz.

Rencananya, Porsche Macan akan hadir perdana pada ajang pameran otomotif Frankfurt Motor Show pada 2013.

SUV yang nantinya akan head-to-head dengan Range Rover Evoque dan BMW X3 ini, awalnya memiliki kode nama Cajun. Namun saat diumumkan rencana produksinya, mobil ini berubah nama menjadi macan, yang memang terinspirasi dari bahasa Indonesia yang berarti harimau.

Porsche Macan menggunakan mesin 3.0L twin-turbo V-6, yang menghasilkan tenaga sebesar 350 HP. Lebih besar dari salah satu pesaingnya yaitu Audi Q5, yang mengusung mesin 3.0L empat silinder V-6 dengan tenaga sebesar 290 HP.

Porsche akan menyediakan model empat pintu dan juga Macan versi dua pintu. Selain itu, Porsche akan membuat model Macan tipe hybrid yang menggunakan mesin elektrik 50 HP dengan kekuatan mencapai 230 HP. [mor]

Komentar

x