Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 06:29 WIB

Aplikasi Android Populer Bocorkan Data Pengguna

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Rabu, 24 Oktober 2012 | 09:09 WIB
Aplikasi Android Populer Bocorkan Data Pengguna
razya4greatlife
facebook twitter

INILAH.COM, California - Beberapa aplikasi Android populer ternyata membocorkan password pribadi serta data kartu kredit. Seperti apa?

Dilansir Mashable, para peneliti menemukan 41 aplikasi Android di Google Play yang membocorkan data sensitif, mulai dari informasi kartu kredit, info akun email, hingga password jejaring sosial.

Para peneliti di Leibniz University of Hannover dan Philipps University of Marburg di Jerman merilis hasil studi yang menyatakan bahwa beberapa aplikasi Android memiliki permasalahan serius.

Tim peneliti itu menggunakan smartphone Samsung Galaxy Nexus dengan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich untuk melakukan serangkaian tes dan mulai dengan mengundung 13.500 aplikasi gratisan.

Sekira 1.074 aplikasi atau 8% dari sampel yang diunduh tersebut mengandung kode yang rentan pada serangan man-in-the-middle (MITM); yang memungkinkan peretas untuk masuk ke pesan ataupun data privat.

Tim tersebut melakukan 'audit' secara manual ke 100 aplikasi dan berhasil menangkal serangan dari sekira 40 aplikasi jahat tersebut. [ikh]

Komentar

x