Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 03:33 WIB

Foxconn Akui Pekerjakan Anak 14 Tahun di Pabriknya

Oleh : Ikhsan S. Nathabradja | Rabu, 17 Oktober 2012 | 20:19 WIB
Foxconn Akui Pekerjakan Anak 14 Tahun di Pabriknya
guardian
facebook twitter

INILAH.COM, Beijing - Perusahaan perakit perangkat keras asal Taiwan, Foxconn, diketahui mempekerjakan anak di bawah umur di salah satu pabriknya di Yantai, China bagian timur.

Berdasarkan hasil penyelidikan internal, Foxconn mengakui kalau pihaknya telah mempekerjakan anak-anak, dengan usia paling muda 14 tahun. Namun Foxcomm juga berkilah dengan mengatakan bahwa anak-anak itu sebenarnya adalah para pelajar yang sedang magang dalam rangka liburan musim panas.

Foxconn dikenal sebagai perusahaan perakit perangkat keras iPhone dan iPad untuk Apple. Selain itu Foxconn juga merakit perangkat keras untuk perusahaan lainnya seperti Microsoft dan Hewlett-Packard.

"Kami menyadari harus bertanggung jawab penuh terhadap masalah ini. Kami juga telah meminta maaf kepada masing-masing pelajar," tulis Foxconn dalam pernyataan mereka, seperti dikutip oleh Guardian.

Foxconn juga melakukan investigasi internal setelah beberapa media massa China dan Lembaga Pengawasan Buruh AS yang berbasis di China merilis laporan mengenai masalah perekrutan kerja anak di bawah umur tersebut.

Pihak Foxconn pun berjanji akan memecat pegawainya, jika dalam penyelidikan lanjutan ditemukan keterlibatannya dengan kasus buruh di bawah umur ini.

Sebelumnya, Foxconn juga pernah dituntut karena kondisi kesejahteraan para pekerjanya yang buruk. Buruknya kesejahteraan ini berdampak kepada maraknya kejadian bunuh diri yang dilakukan oleh para buruh pabriknya.

Komentar

Embed Widget
x