Find and Follow Us

Rabu, 20 November 2019 | 15:52 WIB

Sepakbola Tampil di Google Doodle Olimpiade 2012

Oleh : Nur Ikhsan Suryakusumah | Jumat, 10 Agustus 2012 | 03:31 WIB
Sepakbola Tampil di Google Doodle Olimpiade 2012
google
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Google masih terus menyemarakkan gelaran Olimpiade London 2012. Hari ini yang tampil di Google Doodle adalah olahraga terpopuler di dunia, yaitu sepakbola.

Google Doodle hari ini kembali tampil interaktif. Cukup dengan mengakses Google, Anda dapat bermain sepakbola. Di sini Anda berperan sebagai penjaga gawang yang harus menahan sejumlah tendangan lawan. Di akhir permainan, skor yang Anda peroleh dapat langsung di share ke situs jejaring sosial Google+.

Di ajang Olimpiade London 2012, cabang olahraga sepakbola tinggal menyisakan pertandingan final. Untuk kategori wanita, Amerika Serikat berhadapan dengan Jepang di partai final. Sedangkan di kategori pria, Meksiko akan menghadapi Brazil.

Sepakbola adalah olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Pertandingan sepakbola berlangsung dalam dua babak, yang masing-masing babak mempunyai durasi 45 menit. Bola yang dipergunakan terbuat dari karet yang dilapisi kulit dan dimainkan di atas lapangan rumput.

Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia.

Menurut Wikipedia, sejarah olahraga sepakbola dimulai sejak 300 tahun sebelum Masehi di China. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil.

Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Sedangkan di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sepakbola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepakbola.

Pada 1815, perkembangan besar menyebabkan sepakbola menjadi terkenal di lingkungan kampus dan sekolah. Kelahiran sepakbola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepakbola (soccer).

Pada 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepakbola. Selama tahun 1800-an, olahraga itu dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Baru pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan di berbagai negara. [mor]

Komentar

x