Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 12:18 WIB

'Android Adalah Surganya Pembajak Aplikasi'

Oleh : Nur Ikhsan Suryakusumah | Minggu, 29 Juli 2012 | 17:35 WIB
'Android Adalah Surganya Pembajak Aplikasi'
sidomi.com
facebook twitter

INILAH.COM, San Francisco - Seorang developer aplikasi iOS bernama Matt Gemmel menyebutkan bahwa keterbukaan Android sebagai sistem operasi telah membuatnya menjadi surga bagi para pembajak.

Gemmel juga mengklaim, Apple App Store jauh lebih superior dibandingkan Google Play Store.

Dilansir oleh ZDNet, pendapat Gemmell yang ditulis di web pribadinya itu, didasarkan pada fakta bahwa developer lebih sulit mendapat uang dari membuat aplikasi untuk Android, daripada platform lain seperti iOS.

Beberapa waktu lalu, developer Madfinger Games menggratiskan aplikasi game 'Dead Trigger' di Google Play Store karena terdesak oleh tingginya angka pembajakan aplikasi di platform Android tersebut.

"Sejak awal sistemnya memang dirancang untuk pembajak. Jadi, adanya pembajakan adalah sesuatu yang tak dapat dihindari," tulis Gamell.

Pria asal Skotlandia ini juga menyalahkan keterbukaan Android yang disebutnya menyulitkan developer mencari uang di platform itu . Ia juga menambahkan bahwa pembajakan merupakan pertanda kegagalan membuat model bisnis efektif.

"Satu-satunya solusi mengatasi pembajakan adalah menjadikan Android sebagai sistem tertutup seperti iOS," sebut Gamell. [mor]

Komentar

x